AstraZeneca Lanjutkan Uji Vaksin Meski Relawan Meninggal di Brazil

Ilustrasi vaksin antivirus corona

Otoritas Kesehatan Brazil, Anvisa, menyatakan satu relawan uji klinis vaksin virus corona meninggal. Meski begitu, AstraZeneca dan Oxford Univeristy, tetap melanjutkan uji coba di negara tersebut.

Oxford mengonfirmasi rencana untuk tetap melaksanakan uji klinis setelah melaksanakan penilaian yang cermat. “Tidak ada kekhawatiran tentang keamanan uji klinis, ” ujar pernyataan tertulis Oxford seperti dikutip dari Reuters pada Kamis (22/10).

Sedangkan AstraZeneca menolak berkomentar. Universitas Federal Sao Paulo, yang membantu mengoordinsasi uji klinis fase ketiga di Brazil, menyatakan komite peninjau independen juga merekomendasikan uji coba dilanjutkan. Universitas sebelumnya mengonformasi bahwa relawan yang meninggal merupakan warga negara Brazil.

“Semuanya berjalan seperti yang diharapkan, tanpa catatan komplikasi serius terkait vaksin yang melibatkan sukarelawan yang berpartisipasi, ” seperti pernyataan tertulis dari universitas tersebut.

Sejauh ini 8 ribu dari 10 ribu relawan yang direkrut untuk uji coba telah diberikan dosis pertama vaksin virus corona. Mayoritas dari mereka juga telah menerima suntikan kedua.

Berdasarkan laporan CNN, relawan …

Selengkapnya : AstraZeneca Lanjutkan Uji Vaksin Meski Relawan Meninggal di Brazil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *