Fitur Budget di Play Store Cegah Boros Beli Konten Digital

Pengeluaran untuk kebutuhan hiburan atau konten digital sering kali sulit dilacak dan terkadang menyebabkan ‘bocor halus’. Untuk mengatasi hal itu, kamu bisa memanfaatkan fitur budgeting yang disematkan Google pada toko aplikasi bawaan Android, Play Store. 

Baca Juga: Cara Cepat Membuat Daftar Isi dan Daftar Pustaka di Word

Fitur pencatat keuangan ini bisa digunakan untuk menyusun budget bulanan maksimum yang ingin dikeluarkan untuk konten digital, seperti aplikasi, games, film, acara TV, musik, e-book, dan masih banyak lagi. Ketika pengeluaran hampir mencapai limit, akan muncul peringatan yang berisi keterangan bahwa limit budget hampir habis atau sudah melebihi limit yang ditetapkan.

Untuk mengakses fitur tersebut, ikuti langkah di bawah ini, seperti dilansir dari The Verge:

  • Buka Play Store pada ponsel Android. Geser menu yang terdapat di sebelah kiri, lalu pergi ke bagian akun.

  • Di sini akan terlihat tab “Purchase History”.
  • Pilih opsi “Set budget”. Masukkan jumlah pengeluaran yang ingin dikeluarkan untuk membeli aplikasi, musik, film, acara TV, dan e-book selama satu bulan. 
  • Setelah selesai, klik “Save.” Budget yang telah diatur tadi bisa disesuaikan kembali atau dihapus dari bagian akun tadi. 

 

Foto: The Verge

Baca Juga: Cara Mengatasi Memori Internal HP yang Cepat Penuh

Kendati demikian, Google menggarisbawahi jika pengaturan budget ini tidak akan mencegah/membatalkan pembelian atau langganan yang telah dilakukan pada akun Google Play kamu ketika pengeluarannya telah melebihi limit. Fitur ini hanya dimaksudkan sebagai tracking pengeluaran yang lebih mudah. Selain itu, budget hanya bisa diatur menggunakan kurs mata uang yang berlaku di negara tempat  profil Google Play kamu terhubung. 

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *