Tips Memaksimalkan E-Learning dengan Menggunakan CMS Moodle

Pendidikan di era serba digital ini semakin berkembang dan maju karena didukung dengan perkembangan teknologi yang pesat terlebih lagi disaat pandemi yang mana siswa masih belajar secara online. LMS atau Learning Management System adalah salah satu dari sekian banyak bukti dari perkembangan teknologi pendidikan yang merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk proses pembelajaran. Dengan bantuan dari LMS ini proses pembelajaran akan lebih efektif dan efisien, dengan harapan murid dan guru akan terbantu sekali kinerjanya dengan adanya LMS ini.

LMS ini tidak hanya digunakan bagi orang-orang yang berada di bidang pendidikan saja. Banyak terdapat perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan LMS ini untuk sarana edukasi bagi karyawannya. Salah satu LMS yang paling banyak digunakan adalah Moodle yang merupakan platform layanan edukasi berbasis online yang dapat digunakan oleh dari instansi pendidikan, perusahaan, atau lembaga kursus online yang menawarkan dan memiliki banyak keunggulan dari segi penggunaanya.

Moodle dikenal sebagai platform LMS yang gratis dan open source. Jadi, penggunaan Moodle ini boleh dipakai lisensinya secara gratis oleh semua penggunanya. Bahkan, penggunanya juga bisa mengembangkan Moodle sesuai dengan kebutuhannya. Berikut ini akan dijelaskan mengenai apa itu Moodle, fitur-fiturnya, fungsi, keunggulan, dan cara kerjanya. Mari simak bersama-sama jika sekolah atau bahkan perusahaan Anda memerlukan bantuan Moodle ini.

Mengenal E-Learning Moodle

Moodle dikembangkan Martin Dougiamas, yang merupakan satu paket perangkat lunak. Moodle digunakan untuk mengadakan atau membuat pelatihan, latihan soal maupun lainnya dengan berbasis internet. Sebenarnya moodle singkatan dari Modular object oriented dynamic learning environment. Artinya yaitu menciptakan pembelajaran dinamis namun tetap mengutamakan orientasi objek.

Platform learning moodle memakai model computer assisted learning dan computer assisted teaching. Terdapat dua model yang berada di moodle, sehingga disebut dengan LMS (Learning Management System). Tahukah Anda bahwa moodle telah memiliki lisensi yang open source, artinya moodle telah mempunyai hak cipta namun tetap dapat di copy oleh orang lain. bahkan tidak hanya mengcopynya, Anda juga dapat memodifikasinya.

Sukses melakukan modifikasi moodle. Anda langsung dapat menggunakannya di perangkat Linux, Unix, Netware, Mac OS, Windows, dan perangkat pendukung lainnya. Pembuatan moodle cukup mudah, pengguna hanya meletakkan data ke database seperti PostgreSQL, Oracle, ODBC dan MySQL. Data yang tersimpan akan muncul dalam bentuk moodle yang dapat diakses oleh siapa saja.

Kelebihan Platform Learning Moodle

Platform E-Learning Moodle banyak digunakan oleh masyarakat, karena memiliki kelebihan sehingga banyak yang menyukainya. Moodle sering dijadikan software E-Learning di institusi maupun lembaga perusahaan. Penasaran apa saja kelebihan yang dimiliki Moodle? Berikut merupakan kelebihan platform learning Moodle yang harus diketahui :

  • Moodle cocok untuk diterapkan dalam kelas online
    Selama kelas online bisa memberikan pembelajaran di perangkat moodle yang dapat diakses oleh siapa saja. Bahkan Platform ini dapat diakses Lebih dari 1000 materi pembelajaran, sehingga kelas online lebih efisien dan fleksibel.

  • Keamanan moodle telah terjamin
    Hal ini karena moodle dilengkapi fitur keamanan yang dapat melindungi data pribadi pengguna. Bahkan, Saat siswa mengisi formulir pendaftaran, data diperiksa hingga valid karena moodle telah dilengkapi oleh aplikasi.

  • Moodle menyediakan aneka macam bahasa bagi penggunanya
    Setiap pengguna dapat memakai bahasa yang diinginkan. Ada 45 bahasa yang kini tersedia di moodle, pilihlah bahasa sesuai kebutuhan pembelajaran.

  • Moodle bersifat Open Source software
    Mengingat ini adalah CMS yang dikembangkan untuk membantu proses pembelajaran maka CMS E-Learning Moodle ini dapat digunakan dengan gratis dan mudah diakses oleh siapa saja yang membutuhkannya.

  • Moodle memiliki manajemen pengguna
    Jenis management ini biasanya disebut dengan management kursus, pengubahan kursus, pengurangan, dan penambahan jenis kursus.

  • Menyediakan modul chat bot
    CMS E-Learning ini datang dengan fitur- fitur seperti modul jurnal, modul kuis, modul survey, workshop, polling serta masih banyak lagi modul lainnya.

  • Perangkat sederhana serta kompatibel
    Mengingat penggunaannya yang terbuka atau opens ource, maka CMS pembelajaran ini di rancang dan dibangun agar tetap ringan, efisien dan compatible untuk digunakan dalam setiap kebutuhan.

Baca juga: Memilih Nama Domain yang Baik untuk Sekolah

Demikian kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh platform E-Learning Moodle. Setelah membaca kelebihan di atas, membuat banyak sekolah serta perusahaan menggunakan Moodle dalam memudahkan proses pembelajaran online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *