Apple Bakal Naikkan Harga App Store di Indonesia

Raksasa teknologi Apple berencana untuk menaikkan sejumlah harga yang ada di App Store. Hal ini disampaikan melalui portal resmi developer Apple pada 26 Oktober kemarin.

“Saat pajak atau nilai tukar mata uang asing berubah, terkadang kami perlu memperbarui harga di App Store. Dalam beberapa hari ke depan, harga aplikasi dan pembelian dalam aplikasi (tidak termasuk langganan yang dapat diperpanjang secara otomatis) App Store akan naik di Brazil, Kolombia, India, Indonesia, Rusia, dan Afrika Selatan,” ujar developer Apple pada website resminya.

Baca Juga : Apple Beri Beberapa Peringatan Terkait Charger MagSafe

Berdasarkan laporan tersebut, diketahui bahwa ada penambahan pajak sebesar 10% untuk pengembang yang berbasis di luar Indonesia. Harga aplikasi dan pembelian dalam aplikasi (tidak termasuk langganan yang dapat diperpanjang secara otomatis) juga akan disesuaikan di Islandia dan Albania dengan harga di pasar yang menjual dalam dolar AS bersama pajak pertambahan nilai.

Apple memang selalu melakukan pembaruan harga App Store untuk menyesuaikannya dengan perubahan dalam undang-undang pajak setempat, nilai tukar mata uang asing, dan faktor ekonomi lainnya yang memengaruhi pasar online. Tahun lalu, perusahaan menaikkan harga di Jepang karena kenaikan tarif pajak konsumsi. Sebelum itu, pengguna Inggris dipukul dengan kenaikan 25% karena nilai tukar tenggelam pada “Brexit.”

Setelah perubahan ini berlaku, bagian Pricing and Availability pada My Apps akan diperbarui dan pendapatan para pedagang aplikasi akan disesuaikan berdasarkan hitungan harga sebelum pajak. Para penjual aplikasi juga dapat mengubah harga aplikasi dan pembelian dalam aplikasi (termasuk langganan yang dapat diperpanjang secara otomatis) kapan saja di App Store Connect. Jika Anda menawarkan langganan, Anda dapat memilih untuk mempertahankan harga untuk pelanggan yang sudah ada.

Dikutip dari Tek.id, meskipun Apple memang menyebut bahwa harga di App Store akan mengalami kenaikan, tetapi perusahaan ini tidak menyebut kenaikan harga untuk layanan Apple Music dan iCloud. Kemungkinan besar, kedua layanan ini tidak akan mengalami kenaikan harga.

Baca Juga : Belum Usai Euforia iPhone 12, Rumor iPhone 13 Sudah Beredar

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *