Dapat Restu Kominfo, PlayStation 5 Segera Hadir di Indonesia

 Akhirnya, yang ditunggu-tunggu oleh penggemar konsol datang juga. Secara resmi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memberikan ijin masuk PlayStation 5 di Indonesia. Diketahui dari laman Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kominfo, PT Sony Indonesia telah mendaftarkan sejumlah perangkatnya yang telah lolos uji.

Baca Juga : DualSense PS5 Bisa Digunakan untuk Android dan PC

Foto : Daftar Sertifikasi PT Sony Indonesia

Dari situs tersebut, diketahui bahwa PT Sony Indonesia telah mendaftarkan 5 perangkatnya di DITJEN SDPPI. Kelima perangkat tersebut adalah:

  • CFI-1018A (PlayStation 5 versi Standar)

  • CFI-1018B (PlayStation 5 versi Digital)
  • CFI-ZCT1G (DualSense Wireless Controller)
  • CFI-ZWH1 (PlayStation 5 Pulse 3D Wireless Headset)
  • CFI-ZMR1 (PlayStation Media Remote)

Pada awal peluncurannya, pihak Sony menyebutkan bahwa pada tanggal 12 November konsol PlayStation 5 hanya tersedia untuk Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan. Berdasarkan hal tersebut, Indonesia sendiri kemungkinan akan dapat jatah di gelombang kedua yaitu 19 November. Namun, bisa juga tertunda tergantung ketersediaan stok PlayStation 5 yang sebelumnya dikabarkan terkendala masalah produksi dan logistik akibat pandemi.

Di Amerika Serikat, konsol ini dihargai dengan USD 499 atau Rp 7,4 jutaan untuk versi standarnya dan USD 399 atau Rp 5,9 jutaan untuk versi digitalnya. Dilansir dari laporan Kompas Tekno, ada kemungkinan bahwa harga PlayStation 5 di Indonesia akan lebih murah dari harga di India, yaitu di bawah Rp 10 juta untuk PlayStation 5 edisi standar dan di bawah Rp 8 juta untuk PlayStation 5 versi digital.

PlayStation 5 sendiri memiliki penampakan tinggi hampir 40 cm dan lebar 10 cm. Motherboardnya terdiri dari RAM 16 GB GDDR6 yang disusun dalam delapan model mengelilingi SoC, yang terdiri dari CPU AMD Ryzen Zen 2 dan GPU AMD RDNA 2. Sony juga membekali kipas pendingin yang cukup besar, yaitu berdiameter 120mm dan tebal 45mm, dengan saluran udara dari dua sisi.

Baca Juga : Harga PS5 Diprediksikan Turun Tahun Depan?

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *