5 Film Sci-Fi tentang Teknologi Masa Depan

Foto: FirstCry Parenting

Teknologi.id – Menonton film menjadi salah satu hiburan paling digandrungi di tengah pandemi COVID-19 saat ini. Dari sekian banyak genre film, salah satu yang paling digemari adalah film bergenre Sci-Fi (Science Fiction).

Genre Sci-Fi sendiri adalah genre film yang mempunyai ciri khas elemen imajinasinya berkaitan dengan sains atau pun kemajuan teknologi yang berdasar kepada hukum alam, hukum-hukum biologi, kimia, fisika dan lain-lain.

Ciri khas film Sci-Fi biasanya berlatar waktu futuristik atau masa depan. Kadang bisa juga bersetting tentang luar angkasa dan melibatkan unsur alien. Selain itu, film Sci-Fi juga kerap berfokus pada penemuan teknologi baru seperti robot, artificial intelligence, makhluk mutan, time travel, space travel, dan sebagainya.

Nah, bagi kamu pecinta film bergenre Sci-Fi, berikut Teknologi rangkum lima rekomendasi film Sci-Fi tentang teknologi masa depan yang wajib kamu tonton.

5 Film Sci-Fi tentang Teknologi Masa Depan

1. Blade Runner 2049

Foto: Medium

Film ini merupakan sekuel dari Blade Runner (1982). Disutradarai oleh Denis Villeneuve, film ini berlatar di tahun 2049. Film ini mengisahkan tentang seorang polisi LAPD bernama K yang menyelidiki sebuah rahasia yang dapat menimbulkan kekacauan besar. Pengungkapan rahasia ini membawa K ke sebuah perjalanan untuk mencari Rick Deckard, seorang mantan anggota “Blade Runner” LAPD yang menghilang 30 puluh tahun lalu.

2. I, Robot

Foto: Roger Ebert

Film yang dirilis di tahun 2004  ini disutradarai oleh Alex Proyas. Dibintangi oleh Will Smith, I, Robot diangkat dari buku yang berjudul sama yang ditulis oleh penulis asal Rusia, Isaac Asimov.

I, Robot bercerita tentang dunia di mana manusia dan robot saling berinteraksi dan hidup berdampingan. Di tahun 2035, robot dapat melakukan pekerjaan seperti manusia bahkan pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh manusia pada umumnya. Nantinya, robot-robotlah yang menggantikan seluruh pekerjaan manusia.

3. Her

Foto: Analytics India Magazine

Joaquin Phoenix dan Scarlett Johansson membintangi film yang disutradarai dan ditulis oleh Spike Jonze. Film yang dirlis di tahun 2013 ini bercerita tentang Theodore (joaquin Phoenix), seorang yang pemalu dan tertutup. Suatu hari, ia membeli perangkat OS yang ia lihat di iklan.

Di dalam perangkat OS tersebut ada suara dari Artificial Intelligence atau AI yang bernama Samantha. Dari situlah, Theodore menemukan kecocokan dan menghabiskan waktunya dengan Samantha. 

Baca Juga: Film-film Thriller Psikologis yang Menegangkan

4. Ex Machina

Foto: The Atlantic

Ex Machina menceritakan tentang seorang programer muda, Caleb Smith, yang mendapat kesempatan diundang oleh CEO perusahaannya untuk menguji dan menganalisa robot yang wujudnya mirip sekali dengan manusia dan memiliki  kecerdasan buatan.

Film yang dirilis di tahun 2015 ini disutradarai serta ditulis oleh Alex Garland, dan dibintangi oleh Domhnall Gleeson, Oscar Isaac, dan Alicia Vikander.

5. Elysium

Foto: IMP Awards

Elyium disutradarai oleh Neill Blomkamp dan dirilis pada tahun 2013. Film ini dibintangi oleh Jodie Foster, Matt Damon, dan Sharlto Copley.

Berlatar di tahun 2154, keadaan Bumi banyak berubah karena populasi dan polusi yang sangat tinggi. Selain itu, terjadinya perang, mewabahnya penyakit juga kemiskinan ikut mengancam Bumi. 

Orang-orang yang memiliki banyak harta segera pindah dari Bumi menuju Elysium yang terdapat di luar angkasa, sedangkan orang-orang yang tidak mampu hanya bisa bertahan di Bumi yang sudah rusak.

(rh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *