Pemerintah Tingkatkan Upaya Pelacakan Kasus Covid-19 di 10 Provinsi

RAPID TEST DI KAWASAN WISATA DIENG

Satgas Penanganan Covid-19 bersama dengan Kementerian Kesehatan meluncurkan program penguatan tracing atau pelacakan kontak erat pasien terinfeksi virus corona. Program tersebut akan dilaksanakan di 51 kabupaten-kota pada 10 provinsi prioritas.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Muhammad Budi Hidayat mengatakan program penguatan pelacakan akan dimulai dengan merekrut relawan contact tracer dan petugas data di 10 provinsi,  yakni Aceh, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Budi mengatakan relawan yang direkrut akan dibekali dengan kemampuan dan kompetensi dalam penggunaan aplikasi pelacakan terintegrasi, manajemen stigma dan komunikasi risiko, serta pendampingan karantina dan isolasi mandiri. Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kemenkes Vensya Sitohang menambahkan peningkatan kompetensi relawan diperlukan agar program pelacakan dapat berjalan dengan efektif.

Dengan program pelacakan yang efektif, orang yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi Covid-19 dapat segera dikarantina. “Sedangkan orang yang terkonfirmasi positif dapat segera menjalani isolasi mandiri, …

Selengkapnya : Pemerintah Tingkatkan Upaya Pelacakan Kasus Covid-19 di 10 Provinsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *