4 Tips Sederhana Atasi Kecanduan Sosial Media

Tidak dipungkiri bahwa masyarakat modern saat ini sulit lepas dari penggunaan sosial media (sosmed). Alih-alih membuat komunikasi semakin mudah, sebagian warga net justru terperangkap selama berjam-jam di sosmed dan menghabiskan waktu dengan sia-sia. Melihat masalah tersebut, penggunaan sosmed secara bijak perlu untuk diterapkan agar tidak menimbulkan dampak yang negatif bagi penggunanya.

Sosmed diciptakan untuk membuat akses komunikasi dan penyaluran informasi menjadi lebih cepat dan mudah. Tidak hanya itu, sosmed juga memfasilitasi kebutuhan makhluk sosial untuk saling berpartisipasi, berperan, dan berbagi secara virtual.

Namun, penggunaannya yang berlebihan akan membuat penggunanya merasa ‘kecanduan’ dan tidak berhenti scroll tanpa tujuan yang jelas. Jika kamu merasa sedang kecanduan sosmed, berikut 4 tips sederhana untuk mengatasinya :

Baca Juga : 4 Negara dengan Pembatasan Media Sosial Paling Ketat

1. Tentukan Tujuan Sebelum Membuka Aplikasi Sosmed

Foto : Kumparan

Satu hal utama yang membuat sosmed menjadi candu adalah para penggunanya tidak bisa stop untuk scrolling. Kebiasaan ini lama-lama akan terbentuk dan membuat nyaman berlama-lama di sosmed tanpa tujuan yang jelas. Cara pertama untuk mengatasi kebiasaan scroll sampai lupa waktu ini adalah dengan membuat tujuan yang jelas.

Misalnya, kamu ingin memperoleh informasi perkembangan teknologi. Bukalah akun sosmed yang memfasilitasi tujuan kamu untuk mendapatkan informasi tersebut. Setelah mendapat informasi yang kamu mau, secara tidak langsung kamu akan berhenti scroll dan melanjutkan aktivitas yang lain.

2. Memberikan Batasan Waktu

Foto : iOS Gadget Hacks

Memberikan batasan waktu terhadap penggunaan sosmed ini sangat penting. Mulailah secara bertahap, contohnya dengan memberi batasan waktu harian dalam penggunaan sosmed kamu. Kebanyakan aplikasi sosmed sudah memiliki pengaturan ini untuk mengontrol aktivitas penggunaan.

Contohnya Instagram, kamu bisa melihat rata-rata waktu berapa lama kamu menggunakan aplikasi tersebut dalam sehari. Kamu juga bisa mengatur batasan waktu, misalnya kamu ingin mulai dengan membatasi waktu 1 jam per hari di Instagram. Maka, jika kamu sudah menghabiskan waktu tersebut, Instagram akan memberikan notifikasi bahwa kamu telah menggunakan Instagram selama 1 jam.

Nah, notifikasi ini jangan diabaikan dan malah lanjut scrolling ya! Kamu harus memiliki komitmen terhadap notifikasi tersebut.

3. Lakukan Hobi dan Aktivitas Lainnya

Foto : PopSugar

Coba diingat-ingat lagi, hobi apa yang kamu lupakan saat kecanduan sosmed. Melakukan hobi atau aktivitas lainnya dapat membuat kamu melupakan kebiasaan scroll timeline sosmed. Semakin sibuk kamu melakukan hobi ini, akan semakin mengurangi intensitas kamu menggunakan sosmed. 

Jika kamu bingung mau melakukan apa, coba dari hal yang paling kamu sukai misalnya melukis, bermain alat musik, membuat kerajinan, dll. Kegiatan tersebut selain dapat mengurangi kecanduan kamu terhadap sosmed, juga sangat bermanfaat untuk mengasah kreatifitas.

4. Fokus pada Orang-orang di Kehidupan Nyata

Foto : Urbanasia

Cara sederhana untuk mengatasi kecanduan sosmed selanjutnya adalah berfokus pada orang-orang yang ada di sekeliling kamu. Cobalah untuk melihat dan mendengarkan mereka saat berinteraksi dan tinggalkan sejenak HP kamu. Jangan sampai sosmed malah membuat ‘yang jauh semakin dekat, yang dekat semakin menjauh’.

Kamu dapat memulainya dengan mengajak ngobrol keluarga atau teman-teman kamu secara santai dengan tema yang ringan. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti kegiatan komunitas yang ada di daerah kamu. Dengan mengikuti suatu komunitas yang memiliki minat dan frekuensi yang sama; kamu pasti bisa menambah ilmu, pengalaman, dan skill untuk mengembangkan diri.

Baca Juga : 7 Tips Menjual HP Bekas Agar Harganya Tidak Anjlok

Nah, itu dia 4 tips sederhana yang bisa menjadi referensi kamu untuk mengatasi masalah kecanduan sosmed. Perlu diingat bahwa tips apapun tidak akan ada artinya kalau tidak diawali dengan niat.

Maka dari itu, sebelum menjalani ke-4 tips sederhana di atas, niatkan dulu di dalam hatimu dan buatlah sebuah komitmen. Kamu juga bisa mencatat usaha-usaha apa saja yang telah kamu lakukan dalam mencapai penggunaan sosmed secara bijak di buku diary atau aplikasi notes yang ada di HP.

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *