Pemerintah Anggap Vaksin COVID-19 Debutan Sinovac Lebih Baik

Kehadiran dan ketersediaan vaksin COVID-19 memang sangat penting dibutuhkan untuk segera mengakhiri masa pandemi ini. Segenap upaya penelitian dan pengembangan vaksin pun tengah dilakukan oleh dunia. Salah satunya adalah Sinovac, sebuah produsen vaksin COVID-19 asal Negeri Shanghai. Vaksin COVID-19 debutan Sinovac ini digadang-gadang akan menjadi vaksin yang lebih baik bagi Indonesia ketimbang produksi perusahaan lain, menurut pemerintah.

“Pemahaman Indonesia memang lebih baik untuk vaksin produksi Sinovac karena Indonesia terlibat dalam uji klinis tahap tiga, serta PT Bio Farma (Persero) akan terlibat juga dalam proses produksinya pada tahapan tertentu. Dan kita ketahui bahwa Bio Farma dalam produksi vaksin dan Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) dalam uji klinis vaksin memiliki kredibilitas tinggi secara internasional,” kata Brian Sri Prahastuti selaku Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden dilansir dari Kompas.

Baca Juga : Riset Terbaru Temukan ASI Dapat Cegah dan Obati COVID-19

Dalam keterangan tersebut, Brian juga menegaskan bahwa masyarakat tak perlu ragu akan uji klinis tahap ke-3 vaksin COVID-19 yang tengah dilakukan saat ini. Apalagi proses uji tersebut melibatkan Indonesia In Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Selanjutnya, pemerintah melibatkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebagai lembaga resmi di Indonesia yang memberikan izin edar dan punya persetujuan penggunaan darurat (Emergency Use Authorization). Diketahui pula bahwa BPOM sedang melakukan kunjungan ke Sinovac di China guna memantau dan memberikan penilaian terhadap proses produksi.

“Tentunya persetujuan tetap akan diberikan ketika uji klinis tahap tiga telah selesai dilakukan, dan minimal interim report sudah diserahkan oleh lembaga yang melakukan uji klinis tersebut,” lanjut Brian.

Menurut laporan Kompas, selain dari Sinovac, Indonesia telah mendapatkan komitmen pengadaan vaksin COVID-19 dari CanSino, G42 yang bekerja sama dengan Sinopharm, dan AstraZeneca. Namun, hanya vaksin dari Sinovac yang menjalani uji klinis tahap ke-3 di Indonesia, tepatnya di Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga : Halodoc Hadirkan Layanan Tes Swab Antigen COVID-19

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *