Satu Fitur Penting Xbox Series X yang Tidak Dimiliki PS5

Seperti yang telah diketahui bahwa konsol generasi terbaru Xbox Series X dan PlayStation 5 (PS5) telah resmi meluncur di pasaran menjelang liburan ini. Masing-masing konsol pun memiliki penggemarnya sendiri yang membuat mereka condong ke salah satu di antara Xbox Series X keluaran Microsoft atau PS5 rilisan Sony. 

Jika dilihat dari segi spesifikasi dan harga, baik Xbox Series X dan PS5 nampaknya hanya memiliki sedikit perbedaan. Meskipun, secara fisik perbedaan tersebut terlihat sangat mencolok. Desain dari Xbox Series X masih mengandalkan desain klasik, sementara PS5 sudah mengusung tema futuristik. Namun secara mengejutkan, ternyata ada satu fitur penting Xbox Series X yang tidak tersedia di PS5, lho.

Baca Juga : Harga Hampir Sama, Ini Dia Perbedaan PS5 dan Xbox Series X

Microsoft sangat tertarik untuk memasarkan kemampuan merek dagangnya, yakni Quick Resume, dengan memberikan pemain Xbox Series X opsi untuk bertukar di antara beberapa game yang berbeda dengan cepat. Game di fitur Quick Resume bisa dibiarkan berjalan di latar belakang sementara pemain menikmati game utama di layar.

Sebagai produk sampingan dari teknologi SSD di konsol generasi terbaru, Quick Resume adalah fitur yang rapi dan mengejutkan penggunanya karena sangat berguna untuk mendapatkan pengalaman bermain yang lebih bebas. Fitur ini juga disediakan Microsoft di Xbox Series S.

Foto : Ilustrasi Quick Resume (Source: Gamerant)

Dapat dilihat dari gambar di atas jika pengguna Xbox Series X bisa tetap bermain dengan memunculkan daftar game yang sudah ataupun yang ingin dimainkan. Quick Resume memberi pemain kemampuan untuk melompat ke hingga lima game berbeda tanpa menutup game yang sedang berjalan.

Game yang sedang dimainkan itu pun berjalan di latar belakang saat judul lain sedang diputar di layar. Quick Resume pada dasarnya adalah keadaan menyimpan yang bisa menghentikan proses apa pun dari game hingga game tersebut dimainkan lagi. Secara efektif, fitur ini dapat mencegah keharusan untuk menutup game sepenuhnya sebelum menukar ke game lain. Ini artinya pemain dapat meninggalkan lima game favorit mereka per sesi.

Sayangnya untuk penggemar PlayStation, tidak ada kompatibilitas seperti itu yang datang ke PS5 untuk saat ini. Fitur tersebut cukup mengejutkan PS5, mengingat perangkat kerasnya memiliki banyak pengoptimalan dan teknologi SSD-nya yang dapat membuat sistem menjadi super cepat. Terlepas dari seberapa cepat PS5 dapat mem-boot game baru dalam sekejap, fitur itu tidak bisa disamakan dengan fitur Quick Resume ini.

Baca Juga : Microsoft: Jangan Hembuskan Asap Vape ke Xbox

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *