TikTok Lakukan Uji Coba Fitur Galang Dana

Foto: Google

Teknologi.id – TikTok sedang menguji fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk melakukan penggalangan dana secara langsung dari profil TikTok mereka.

Pengguna yang berada di grup uji coba akan menemukan pilihan baru saat mengklik “Edit Profil“, yang mengarahkan mereka untuk memilih lembaga non-profit dari daftar organisasi dan amal, seperti American Cancer Society, American Heart Association, Palang Merah, ASPCA, Black Girls Code, CDC Foundation, dan masih banyak yang lainnya.

Setelah dipilih, profil pengguna akan menampilkan menu donasi dalam teks merah tepat di bawah bio mereka. Ketika pengunjung  mengklik nama organisasi, mereka dibawa ke layar untuk memberikan donasi. Fitur itu sendiri didukung oleh platform penggalangan dana amal Tiltify, yang menangani pemrosesan pembayaran untuk transaksi donasi.

Baca Juga: TikTok Jalin Kerjasama dengan Sony Music

Pilihan baru juga ditemukan oleh konsultan media sosial Matt Navarra (dengan nama pengguna Twitter @Sphinx). Ia mencuit screenshot dari fitur tersebut pada hari Selasa (10/11/2020), yang menunjukkan bagaimana pengguna dapat menambahkan sumbangan amal dan bagaimana orang lain di  luar organisasi dapat memberikan sumbangan.

https://twitter.com/MattNavarra/status/1326214677861445639?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1326214677861445639%7Ctwgr%5Eshare_3&ref_url=https%3A%2F%2Ftechcrunch.com%2F2020%2F11%2F11%2Ftiktok-test-lets-users-fundraise-for-charity-from-their-profile%2F

Pilihan baru ini mengikuti peluncuran fitur penggalangan dana lain pada bulan April yang memungkinkan pembuat TikTok mengumpulkan uang untuk upaya bantuan COVID-19.  Saat itu, penggalangan dana hanya tersedia melalui fitur “Stiker Donasi” yang dapat ditambahkan pengguna ke video TikTok dan live streaming mereka.

Saat mengetuk stiker donasi, Anda akan dibawa ke sebuah layar untuk memberikan donasi. Fitur ini juga didukung oleh Tiltify. Selain organisasi kesehatan dan organisasi nirlaba terkenal lainnya, daftar amal yang dapat dipilih ialah pihak-pihak yang merasakan dampak kerugian akibat penyebaran virus corona, seperti guru dan pekerja restoran.

Media sosial lain juga ikut berdonasi

TikTok mengonfirmasi bahwa badan amal dan lembaga non-profit yang berpartisipasi dalam program stiker donasi juga tersedia melalui fitur profil baru. Sejumlah platform media sosial telah mengarahkan sumber daya dan dana untuk bantuan COVID-19 pada tahun 2020.

Platform-platform yang termasuk ialah Facebook, Twitter, Snapchat, dan TikTok. Dalam kasus TikTok, mereka menjanjikan US$ 250 juta untuk mendukung pekerja garis depan, pendidik, dan komunitas lokal yang terkena dampak pandemi COVID-19 (melalui berbagai dana bantuan).

Hal itu memberikan tambahan US$ 125 juta dalam bentuk kredit iklan untuk organisasi kesehatan masyarakat dan bisnis yang ingin dibangun kembali. TikTok mengkonfirmasi kepada TechCrunch bahwa fitur baru untuk menambahkan lembaga nonprofit ke bio masih dianggap sebagai uji coba, serta mewakili cara lain bagi komunitas TikTok untuk mendukung kegiatan amal dan amal yang mereka pedulikan.

Fitur ini tersedia langsung dalam program TestFlight dan tidak didasarkan pada penggunaan stiker donasi. Perusahaan tidak mengatakan kapan fitur itu akan diluncurkan ke publik yang lebih luas.

(bal)

Baca Juga: Dali, Lampu Pintar untuk Anak Buatan Perusahaan Induk TikTok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *