Dampak Long Covid Pengaruhi Kesehatan Mental Pasca Sembuh

Pasien Covid-19 Olahraga Di Stadion Patriot Chandrabhaga

Berbagai gejala Covid-19 masih dirasakan oleh pasien meski sudah dinyatakan sembuh. Kondisi tersebut merupakan efek dari long covid atau sisa gejala fisik hingga psikis yang dirasakan oleh para penyintas Covid-19.

Kepala Petugas Medis di Doctorlink, Dr Ben Littlewood-Hilson melaporkan berbagai gejala dari Covid-19. Adapun gejala yang bersangkutan dengan tanda long covid yaitu kelelahan, sakit dan nyeri tubuh, masalah kognitif, sesak napas, batuk kering, kehilangan indera perasa dan penciuman, serta ruam kulit.

“Orang yang dicurigai mengalami long Covid melaporkan merasa kelelahan terus menerus hingga kelelahan ekstrim. Bahkan beberapa melaporkan kesulitan untuk beraktivitas ringan, ” kata Dr Ben, mengutip Express.co.uk

Lebih lanjut, dampak dari long covid bahkan mempengaruhi bagian kepala dan otak. Pasien dapat merasakan sakit kepala, pusing, masalah memori, kesulitan berkonsentrasi hingga menimbulkan kecemasan. Ilmuwan dari Oxford Health Biomedical Research Centre menemukan Covid-19 dapat memicu gangguan psikologis pada 20 persen orang yang terjangkit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *