AI Bisa Ciptakan Foto Orang Palsu yang Sebenarnya Tidak Ada

 Jika kamu membutuhkan foto seseorang yang tidak pernah ada sebelumnya, sekarang ada bisnis untuk membuat foto orang palsu yang tidak pernah ada sebelumnya dengan menggunakan AI.

Pada situs Generated Photos, kamu bisa ‘membeli’ orang palsu yang unik tanpa perlu repot meminta izin untuk menggunakan foto orang lain untuk kebutuhan, misal karakter video game, atau membuat situs web perusahaan seharga USD 2,99 per foto atau USD 1.000 untuk 1.000 foto.

Butuh yang gratis? ThisPersonDoesNotExist.com bisa menjadi solusi.

Baca juga: Google Perpanjang Dukungan Chrome di Windows 7 Hingga 2022

Butuh karakter yang bisa bergerak? Rosebud.AI menyediakan layanan tersebut, bahkan bisa membuat karakter tersebut berbicara.

Foto: Rosebud.AI

Sisi negatifnya, kepalsuan di media sosial (atau sosialisasi virtual secara general) akan lebih mudah diakses dan lebih sulit membedakan mana yang palsu dan asli. 

“Teknologi semacam ini baru ditemukan pada tahun 2014 namun hasilnya masih sangat buruk, seperti karakter game The Sims. Hal ini menjadi pengingat betapa cepatnya teknologi berkembang,” kata Camille François, peneliti disinformasi yang bertugas untuk menganalisis adanya manipulasi pada jaringan sosial.

Baca juga: FDA Pertimbangkan Penggunaan Antibodi untuk COVID-19

Kemajuan ini juga mungkin karena sebagian teknologi sudah jauh lebih andal dalam mengidentifikasi fitur utama wajah, misalnya pada teknologi facial recognition pada smartphone.

Program serupa juga bahkan bisa dimanfaatkan untuk mengidentifikasi dan menangkap tersangka tindak kriminal, atau sebaliknya, menemukan polisi yang menggunakan kekerasan pada orang tak bersalah.

Kecerdasan buatan dapat membuat hidup kita lebih mudah, tetapi semua hal memiliki kecacatan yang sama dengan manusia, karena pada dasarnya mesin tersebut masih dikendalikan oleh manusia. Selain itu, sebagai pengguna mesin dengan kecerdasan buatan diperlukan kebijaksanaan dan tidak menggunakannya untuk hal-hal yang merugikan.

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *