Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di HP, Gampang!

 Pernah tiba-tiba mengalami kesalahan Kartu SIM tidak terbaca saat sedang menggunakan smartphone? Pasti bete dan panik apalagi kalau kamu sedang sangat butuh untuk telepon atau sms.

Ada beberapa kemungkinan penyebab SIM card tidak terbaca dan terdeteksi di smartphone. Diantaranya seperti usia pakai kartu SIM yang sudah terlalu lama, kuningan SIM card yang sudah rusak, maupun SIM card yang overheat.

Meski demikian, kamu harus segera mencari solusi saat smartphone milikmu menunjukkan tulisan “Tidak ada kartu SIM yang terdeteksi”.

Berikut adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca di HP Android. Simak baik-baik, ya!

Baca juga: Cara Mengatasi Memori Internal HP yang Cepat Penuh

Penyebab Kenapa Kartu SIM Tidak Terbaca

1. Usia Pakai Kartu SIM Sudah Terlalu Lama

Foto: TechRadar

Setiap barang pastinya memiliki masa pakai tersendiri, termasuk juga SIM card yang memiliki masa pakai beragam.

Biasanya mulai dari 3-5 tahun material plastik dan kuningan pada SIM card akan mengalami degradasi dan menjadi kurang layak digunakan.

Nah, jika terus dibiarkan kondisi ini pun akan semakin parah dan akhirnya dapat membuat SIM card tidak terbaca oleh smartphone.

2. Kuningan SIM Card Sudah Rusak

Foto: DailyMail

Untuk diketahui, kuningan adalah komponen terpenting dalam sebuah SIM card karena berisikan data-data pengguna.

Selain rusak termakan waktu, kuningan ini juga bisa rusak jika sering dipindahkan dari satu smartphone ke smartphone lain karena akan menyebabkan lebih banyak gesekan.

Oleh karena itu, jika kamu mengalami masalah kartu SIM tidak terbaca, coba deh ingat-ingat dulu seberapa sering kamu memindahkan kartu SIM milikmu.

3. SIM Card Overheat

Foto: Security Intelligence

Masalah panas berlebih umumnya seringkali terjadi di beberapa smartphone Android. Nah, penyebab lain SIM card tidak terbaca adalah dikarenakan masalah ini.

Posisi kartu SIM yang umumnya terletak dekat komponen rawan panas, menyebabkan benda ini menjadi overheat dan merusak kuningan beserta data di dalamnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Filter Instagram Tidak Muncul atau Lemot

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di HP

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui apa saja penyebab SIM Card tidak terbaca di HP, kan?

Lalu, bagaimana kalau masalah ini sudah terjadi? pokoknya jangan panik! Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca yang bisa kamu coba.

1. Bersihkan SIM Card

Foto: Vik V

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan kartu SIM. 

Buka dan lepaskan SIM card dari slot-nya, kemudian bersihkan dari debu-debu mikro yang menempel menggunakan cotton bud atau bisa juga dengan menggunakan bantuan penghapus dan menggosokannya ke kuningan kartu SIM dengan perlahan.

Setelah itu kamu bisa mengaktifkan kembali smartphone dan tunggu hingga SIM card memberikan respon berupa terhubung ke jaringan seluler.

2. Matikan Smartphone dan Coba SIM Card Lain

Foto: Security Intelligence

Jika masih belum berhasil, kamu bisa coba menggunakan SIM card lain pada smartphone kamu. Lakukan juga hal yang sama pada SIM card milikmu dengan menaruhnya di HP lain.

Jika ternyata kartu SIM lain yang digunakan pada HP milikmu berfungsi, maka kemungkinan besar kerusakan ada pada SIM card kamu. Begitupun juga sebaliknya.

Cara ini adalah yang paling mudah dilakukan untuk mengetahui sumber kerusakan.

Baca juga: Cara Merekam Layar Laptop dan PC (Screen Record)

3. Atur Ulang Jaringan

Foto: Android Central

Ada kemungkinan jika slot SIM card 2 tidak terdeteksi tapi SIM card 1 berfungsi dengan baik, bisa jadi masalah datang dari operator selular yang sedang error sehingga SIM card tidak bisa berfungsi dengan baik.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengatur ulang jaringan di smartphone kamu. Namun jika tidak bisa di-setting secara otomatis, kamu bisa mengatur ulang secara manual melalui menu Settings > Network & Internet > Mobile network > Access Point Names.

Di sini kamu tinggal mengatur settingan APN sesuai dengan jaringan dan operator seluler yang digunakan secara manual.

4. Factory Reset Android

Foto: Android Central

Jika masalah kartu SIM tidak terbaca masih belum teratasi, kamu bisa melakukan factory reset Android untuk mengembalikan smartphone ke kondisi semula seperti baru.

Tapi ada satu hal yang harus kamu perhatikan, jika melakukan trik ini kamu harus melakukan proses back up terhadap data-data penting terlebih dulu. Hal ini karena segala pengaturan, termasuk akun dan aplikasi akan ikut terhapus ketika kamu melakukan factory reset.

5. Konsultasi ke Customer Service

Foto: Pluang

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendatangi atau menghubungi customer service operator seluler yang digunakan.

Ini merupakan opsi paling akhir, termasuk buat kamu yang tidak ingin risiko lebih buruk terjadi pada SIM card. Karena dengan begini kamu jadi bisa mengatasi permasalahan langsung dengan ahlinya.

Selain itu, jika SIM card yang kamu gunakan ternyata benar-benar rusak dan tidak bisa dipakai lagi, customer service biasanya akan menawarkan opsi penggantian kartu SIM.

Baca juga: Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca di HP. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya Tech Experts!

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *