Inggris Bentuk Agensi Baru untuk Mengatur Big Tech

Foto: Engadget

Teknologi.id – Inggris berencana membuat agensi baru untuk mengatur perusahaan teknologi besar seperti Google dan Facebook (27/11/2020). Mulai April 2021, Digital Markets Unit (DMU) akan menjadi bagian dari Competition and Markets Authority (CMA) yang ada di negara tersebut.

Mereka memberlakukan kode yang menetapkan batasan baru pada platform teknologi terbesar, serta upaya untuk menciptakan lapangan bermain yang lebih setara bagi rival yang lebih kecil. 

Baca juga: Facebook Cobakan Dark Mode di Aplikasi Versi Android dan iOS

Meskipun kode tersebut belum diperkenalkan, kode itu akan dirancang untuk memberi konsumen lebih banyak kendali atas data mereka dan mendobrak batasan yang menyulitkan penggunaan platform pesaing. Ini juga dapat memberi orang pilihan untuk memutuskan, apakah mereka dapat dikenakan iklan yang dipersonalisasi atau tidak.

Untuk menegakkan kode tersebut, DMU memiliki kekuatan untuk memblokir dan membatalkan keputusan yang dibuat oleh perusahaan teknologi besar. Jika mereka tidak mematuhi arahannya, itu juga akan memiliki kekuatan untuk memberi mereka denda.

Platform online membawa manfaat besar bagi bisnis dan masyarakat,” kata pemerintah.

“Tapi ada konsensus yang berkembang di Inggris dan luar negeri bahwa konsentrasi kekuasaan di antara sejumlah kecil perusahaan teknologi membatasi pertumbuhan di sektor teknologi, mengurangi inovasi, dan berpotensi berdampak negatif pada orang dan bisnis yang mengandalkan mereka.”

Baca juga: Facebook dan Ray-Ban Kolaborasi Garap Kacamata Pintar

Inggris telah mempertimbangkan untuk membentuk badan pengatur tambahan untuk mengawasi teknologi besar sejak pertengahan tahun 2019. Dalam laporan terbaru, CMA menyimpulkan bahwa undang-undang yang ada tidak sesuai untuk regulasi yang efektif.

Seperti GDPR dan upaya regional lainnya untuk menerapkan batasan pada platform digital besar, pengawas dapat memiliki efek global pada cara Google dan Facebook beroperasi.

(bal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *