Cara Memperpendek Link dengan Mudah dan Cepat

 Apakah Kamu ingin membagikan suatu link di media sosial dan ternyata link itu sangat panjang sehingga tidak ideal untuk ditulis dan kurang nyaman dilihat? 

Memang sih, jika link yang kamu bagikan tersebut terlalu panjang atau terlihat tidak rapi pasti juga membuat kurang nyaman untuk dilihat ataupun dihapalkan jika sewaktu-waktu kamu butuh untuk menulisnya secara manual.

Tapi sekarang hal itu bisa kamu hindari karena sudah banyak situs yang menawarkan jasa pemendekan link atau tautan secara gratis, mudah dan anti ribet. Dengan demikian, link yang kamu bagikan jadi lebih pendek serta mudah diingat.

Nah Tekmin sudah merangkum sejumlah cara untuk memperpendek link dengan mudah melalu situs-situs. Berikut daftar situs short URL terbaik untuk memperpendek link yang bisa Kamu gunakan.

Baca juga: Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak dan Tidak Terbaca, Ampuh!

Daftar situs short URL terbaik untuk memperpendek link

1. Bitly, Situs Andalan Membuat Short URL

Bitly merupakan situs short URL terbaik dan terpopuler saat ini. Salah satu alasan situs ini populer lantaran pengguna tidak perlu membuat akun untuk menggunakan Bitly. Selain itu, Kamu juga bisa memperpendek link sebanyak yang diinginkan.

Namun, untuk lebih memudahkan analisis dan monitor data, lebih baik untuk membuat akun gratis di Bitly. Hal ini karena dengan akun gratis Kamu akan mendapatkan beberapa fitur yang bisa menunjang bisnis online. Mulai dari kustomisasi URL hingga melacak CTR.

Tak hanya itu, di Bitly lalu lintas yang terjadi pada link yang dibagikan bisa dipantau dengan mudah. Misalnya, sudah berapa kali link tersebut diklik oleh orang lain dan dari mana mereka berasal.

Bitly juga sudah dipercaya oleh banyak brand besar di dunia, seperti McDonald’s dan Dunkin’ Donuts. Bahkan, Teknologi.id juga menggunakan Bitly dalam setiap promosi di media sosial kami!

Untuk bisa memperpendek link dengan Bitly sangatlah mudah dilakukan. Kamu tinggal kunjungi saja situs Bitly di sini.

Lalu kamu tinggal melakukan copas (copy paste) pada link yang ingin diperpendek di kotak yang tersedia. Link yang sudah dipersingkat itu bisa langsung kamu copy dan bagikan kepada orang lain.

2. TinyURL

TinyURL bisa dikatakan merupakan pelopor situs short URL di internet karena sudah ada sejak tahun 2002. Hingga sampai saat ini pun masih banyak orang yang menggunakannya untuk menyingkat URL.

Meski tidak sepopuler dulu, TinyURL bisa Kamu andalkan untuk memperpendek link yang kamu inginkan. Link yang Kamu perpendek di TinyURL tak akan kadaluarsa. Ini artinya, link tersebut akan tersedia selamanya dan bisa Kamu manfaatkan sepuasnya. Jadi, tak usah cemas dengan broken link nantinya.

3. AdFly

Nah ini nih yang menarik. Selain memendekkan link, Kamu juga bisa mendapatkan uang di sini loh! Ini karena AdFly akan membayar untuk setiap klik link AdFly yang kamu buat.

Semanyak klik pastinya semakin banyak uang yang didapat. Sehingga ini juga menjadi situs memperpendek link terbaik yang sekaligus situs penghasil uang.

Kamu juga bisa melihat statistik link yang dibuat jika mendaftar di AdFly. Uang yang kamu hasilkan dari AdFly ini akan dibayarkan melalui PayPal.

Baca juga: Cara Menghilangkan Watermark TikTok Tanpa Aplikasi

4. Bl.ink

Di situs ini Kamu bisa melacak lalu lintas yang datang pada tautanmu. Kamu juga bisa daftar secara gratis ke Bl.ink. Pengguna Bl.ink gratisan hanya bisa membuat 1000 tautan dan melacak lalu lintasnya hingga 1000 klik per tautan. Selain itu, akun gratis juga hanya terhubung dengan satu domain untuk membuat tautan bermerk.

Bl.ink menawarkan beberapa paket berbayar untuk bisa mengakses lebih banyak fitur. Harga yang ditawarkannya adalah mulai dari 12 USD per bulan.

5. Is.gd

Is.gd bisa dibilang sebagai salah satu situs pemendek tautan paling simpel, karena menyediakan fitur ekstra, hanya memangkas tautan saja.

Jika tujuanmu hanya untuk memperpendek URL tanpa ada hal lainnya, maka Is.gd dapat menjadi situs short URL terbaik.

Memendekkan link di Is.gd sangat gampang. Kamu tak perlu daftar atau mengisi kode CAPTCHA, cukup masukan link panjangmu dan pendekkan saat itu juga!

Baca juga: Cara Bersihkan Malware di PC/Laptop hingga ke Akar-akarnya!

6. Bit.do

Mirip dengan Is.gd, aplikasi pemendek tautan Bit.do juga sangat simpel. Kamu bisa menyingkat link di Bit.do dengan atau tanpa akun terdaftar.

Selain itu, Kamu juga bisa memodifikasi kata di bagian akhir link Bit.do sesuai keinginanmu atau membuat short URL sendiri.

7. Ow.ly

Yang terakhir ada Ow.ly. Situs ini adalah bagian dari HootSuite, sebuah layanan manajemen media sosial.

Lebih jelasnya, HootSuite merupakan sebuah alat manajemen konten media sosial yang terhubung dengan berbagai situs jejaring sosial lainnya, seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn.

Selain berguna untuk manajemen situs media sosial milikmu. Kamu bisa juga menggunakan layanan penyingkat tautan di situsini.

Baca juga: Cara Pindahkan Penyimpanan Internal ke Kartu SD Terbaru 2020

Nah, itu tadi sejumlah cara memperpendek link melalui situs-situs rekomendasi Tekmin. Gimana cukup mudah dan cepat untuk dilakukan bukan? Kalau gitu selamat mencoba ya Tech Experts!

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *