Microsoft Bocorkan Desain Layout Windows 10 yang Baru

 Desain Windows 10 hampir tak ada bedanya dengan desainnya pada saat diluncurkan tahun 2015 silam. Namun, sebagai bagian dari proyek WinUI, Microsoft ingin mengembalikan desain dengan ujung melengkung dan menghadirkan Fluent Design sesungguhnya.

Rumor beredar bahwa Windows 10 Action Center, Start Menu, sampai taskbar akan mendapatkan penyesuaian antarmuka baru pada akhir 2021 mendatang.

Meskipun Windows 10 tak akan hadir sampai tahun depan, kabar baiknya adalah WinUI tetap dipertahankan dan akan diperbarui secara terpisah dari Windows 10.

Baca juga: Menkominfo Tanggapi Dua Lembaganya yang Dibubarkan Jokowi

Ini berarti, Microsoft bisa menghadirkan kontrol UI Fluent dan bagian sudut yang membulat seperti desain pada produk sebelumnya tanpa menunggu pembaruan fitur berikutnya.

Pembaruan ini diatur untuk memberikan tampilan segar untuk semua elemen desktop, termasuk tata letak dan navigasi aplikasi.

Microsoft sekarang ingin memperbarui item ListView dan GridView pada Windows 10 dengan desain Fluent yang lebih modern. Bagian ini akan terlihat saat kursor diarahkan ke item ListView dan Gridview dan memberikan pengalaman yang serupa dengan antarmuka pada dashboard milik Xbox yang baru.

“Banyak kontrol di WinUI memiliki bagian sudut yang membulat, ListView dan GridView harus mengikuti tren tersebut dan mengadopsi tampilan Fluent yang modern,” kata manajer program Microsoft, Ana Wishnoff dalam proposal baru yang diajukannya.

GridView dengan mockup WinUI. Foto: Microsoft

Proposal tersebut juga berisikan rekomendasi untuk membuat tanda centang akan muncul saat item dipilih. Selama item tidak di-klik, item akan memiliki batas dalam berwarna putih agar tetap bisa dibedakan dengan item lain.

Baca juga: iPhone 12 Dikabarkan Bakal Dijual di Indonesia 18 Desember

ListView dengan mockup WinUI. Foto: Microsoft

Antarmuka yang tengah diajukan ini masih dipertimbangkan dan Microsoft masih menunggu masukan dari komunitas pengembang.

Berdasarkan tujuan awal WinUI 3 yang harus bisa bekerja dimana-mana, termasuk Win32, UWP, dan lain-lain, jadi desain yang baru yang diusulkan akan hadir untuk seluruh aplikasi jika para pengembang tertarik.

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *