Apple Dikabarkan Bakal Rilis MacBook Baru di 2021 dan 2022

 Saat ini, Apple dikabarkan sedang berencana untuk merilis MacBook Air baru dengan harga yang lebih terjangkau dan dua MacBook Pro dengan desain terbarukan. Ketiga produk ini akan menggunakan panel mini-LED dan chip Apple Silicon.

Baca Juga: CEO Microsoft Sebut Perusahaannya Sangat Fokus pada Gaming

Kabar ini bersumber dari Ming-Chi Kuo, selaku analis TF Securities, dalam catatannya untuk investor. Kuo mengatakan dua MacBook Pro diprediksi meluncur pada 2021, dengan desain dan form factor baru. Tak hanya itu, di tahun 2022 akan diluncurkan MacBook Air dengan harga yang lebih terjangkau, seperti dilansir dari 9to5Mac.

Baru-baru ini pula, Apple meluncurkan MacBook Pro dan MacBook Air baru dengan chip Apple M1. Namun, peluncuran produk generasi baru ini tidak menawarkan bentuk dan desain yang lebih baru.

Ketiga produk MacBook baru ini akan menggunakan panel mini-LED, komponen yang sebelumnya belum pernah digunakan Apple. Kuo juga pernah memprediksi bahwa Apple, untuk pertama kalinya, akan menggunakan panel mini-LED di iPad Pro 12.9 inci dengan prediksi rilis di awal tahun 2021.

Panel mini-LED itu sendiri merupakan metode backlighting baru yang digunakan untuk layar LCD. Sederet keunggulan ditawarkan oleh teknologi mini-LED ini, antara lain warna gamut yang lebih kaya, rasio kontras lebih tinggi, tingkat kecerahan yang lebih mumpuni, serta panel yang lebih tipis sehingga lebih efisien dalam penggunaan daya. Selain itu, panel mini-LED memiliki risiko burn-in yang lebih rendah dibandingkan OLED.

Foto: MSI Global

Dengan menggunakan panel mini-LED ini, Kuo yakin jika Apple bisa mengatasi risiko kenaikan harga produksi. Terlebih, harga chip Apple Silicon sangat lebih murah dibandingkan prosesor Intel.

Untuk prediksi penyebaran produk dengan panel mini-LED dari Apple yang akan hadir di 2021 dan 2022 nantinya, Kuo mengubah prediksinya tentang jumlah produk yang akan disebar. Jika sebelumnya Kuo memperkirakan Apple akan mengirimkan 2-3 juta unit di tahun 2021 dan 4-5 juta unit di tahun 2022, ia merevisi perkiraan tersebut menjadi 10-12 juta unit di tahun 2021 dan 25-28 juta unit di tahun 2022.

Baca Juga: YouTube Premiere akan Kedatangan 2 Fitur Baru, Apa Saja ?

Kuo merevisi prediksi tersebut berdasarkan dua hal, yakni harga komponen mini-LED yang lebih rendah untuk beberapa tahun ke depan dan MacBook dapat mengadopsi penggunaan panel mini-LED lebih cepat.

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *