Mantan Presiden AS Bersedia Menggunakan Vaksin Virus Corona

 Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, George W. Bush, dan Bill Clinton menyatakan mereka setuju untuk mendapatkan vaksin Covid-19 untuk membuktikan bahwa vaksin tersebut aman dan efektif.

Pengumuman ini muncul setelah sebagian besar penduduk Amerika menyatakan keprihatinan mengenai vaksin Covid-19, meskipun hasil uji coba menunjukan keefektifan vaksin untuk menghentikan Covid-19.

“Saya menjamin bahwa vaksin yang dibuat untuk orang-orang yang berisiko rendah, bahkan saya akan menerimanya,” kata Obama dalam sebuah episode The Joe Madison Show Sirius XM yang ditayangkan pada hari Kamis, 3 Desember 2020 lalu.

Baca juga: Menkeu Gelontorkan Dana Rp 31 Triliun untuk Vaksin Corona

“Saya mungkin akan menayangkannya di TV atau difilmkan agar masyarakat yakin bahwa saya mempercayai vaksin yang sudah dibuat,” lanjutnya.

Sementara itu, Mantan Presiden AS George W. Bush mengatakan kepada CNN bahwa dia akan mengambil vaksin Coivd-19 juga untuk meningkatkan kepercayaan publik.

Lewat juru bicaranya, Angel Ureña, mantan Presiden Bill Clinton mengatakan kepada media USA TODAY bahwa dia bersedia mengambil vaksin untuk meningkatkan kepercayaan publik, bahkan akan melakukannya di tempat umum untuk membantu mendorong semua penduduk Amerika Serikat agar melakukan hal yang sama.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Gallup, 58% penduduk Amerika bersedia menerima vaksin Covid-19, meningkat dari jumlah awal tahun ketika masih banyak keraguan mengenai vaksin Covid-19.

Pakar kesehatan masyarakat menyebutkan setidaknya diperlukan 60%-70% populasi perlu mendapatkan vaksin untuk membentuk ‘herd immunity‘, istilah yang digunakan ketika massa disuntik vaksin untuk melawan penyakit menular.

Baca juga: Vaksin Corona Didistribusikan Secara Global Bulan Depan

Resistensi vaksin sangat tinggi pada komunitas kulit berwarna. Orang kulit hitam yang tinggal di Amerika mengungkapkan keraguan paling besar tentang vaksin Covid-19.

“Saya mengerti, secara historis, menarik kembali pada eksperimen Tuskegee dan seterusnya, mengapa komunitas Afrika-Amerika menjadi skeptis,” kata Obama pada saat wawancara di SiriusXM.

“Namun, vaksin adalah alasan kita tidak lagi terkena polio. Dan vaksin juga menjadi alasan mengapa kita berhasil menurunkan korban meninggal akibat campak dan cacar, serta penyakit yang bisa memusnahkan seluruh populasi,” tambah Obama.

Para penegak federal diharapkan bisa mengonfirmasi vaksin yang paling menjanjikan dalam beberapa minggu mendatang. Beberapa negara bagian dan perusahaan biofarmasi juga sudah merencanakan distribusi massal vaksin di seluruh negeri pada bulan-bulan awal tahun depan.

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *