Pasca Penangkapan Mensos, Video Wawancara Gus Dur Membubarkan Departemen Sosial Kembali Viral

BeritaNasional.ID – Setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Menteri Sosial Juliari Batubara atas tindakan korupsi dana bantuan sosial pandemi covid-19, kini video wawancara Presiden RI Ke-4 KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) kembali jadi trending topik di jagat maya. Seperti dikutip dari akun twitter Jaringan GUSDURian (@GUSDURians), Minggu (6/12/2020).

Video itu diambil pada 31 Desember 2009 dalam sebuah acara talk show di salah satu stasiun televisi swasta nasional. Seorang jurnalis senior sekaligus pembawa acara, Andy F Noya menyatakan keheranannya dengan alasan apa Gus Dur membubarkan Departemen Sosial yang dianggap berperan mengayomi orang terlantar di Indonesia. Padahal saat itu Gus Dur baru satu bulan menjabat sebagai Presiden.

“Satu yang masih menjadi perdebatan sampai sekarang adalah ketika Gus Dur membubarkan Departemen Sosial dan Departemen Penerangan. Kalau Departemen Sosial dulu, apa alasan persisnya sementara banyak orang terlantar harus diayomi oleh departemen itu,” tanya Andy F. Noya dalam video yang dikutip oleh beritanasional.id.

“Karena departemen itu yang mestinya mengayomi rakyat ternyata korupsinya gede-gedean, sampai hari ini!” jawab Gus Dur tegas.

Saat kembali ditanya bahwa membunuh tikus tidak harus membakar lumbungnya, diakui oleh Gus Dur bahwa hal itu memang benar. Tapi Gus Dur beranggapan tikus diibaratkan koruptor telah menguasai lumbung departemen tersebut.

“Memang, tapi karena tikusnya sudah menguasai lumbung,” pungkas Gus Dur disertai riuh tepuk tangan penonton.*

The post Pasca Penangkapan Mensos, Video Wawancara Gus Dur Membubarkan Departemen Sosial Kembali Viral appeared first on BeritaNasional.ID.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *