Cara Mengetahui WiFi Kita Dipakai Orang Asing

Mengetahui adanya koneksi lain yang terhubung di daftar perangkat terkoneksi WiFi kita memang benar-benar menjengkelkan. Apalagi, jika perangkat tersebut adalah perangkat yang tidak kita kenali atau milik orang asing.

Mungkin kita baru menyadarinya setelah mendapatkan notifikasi bahwa kuota kita menipis, laju internet kita menjadi lambat, dll. Sebagian dari kita ternyata belum mengetahui bagaimana cara mendeteksi adanya koneksi orang asing di WiFi kita. Untuk itu, simak artikel berikut ini untuk mengetahui langkah-langkah mudah mencari tahu adanya orang lain yang numpang WiFi-an.

Baca Juga : Ini Cara Cari Tahu Password WiFi, Gampang Banget!

1. Lihat pergerakkan lampu pada router

Foto : Router Helper

Kebanyakan wireless router memiliki lampu indikator yang menunjukkan konektivitas internet, koneksi jaringan kabel, dan juga aktivitas nirkabel apa pun. Salah satu trik untuk mengetahui apakah ada orang yang menggunakan jaringan milik kita adalah dengan mematikan semua perangkat nirkabel dan melihat kembali apakah lampu nirkabel itu masih berkedip. 

2. Periksa daftar perangkat router

Foto : How To Geek

Selain lampu pada router, adapun konsol administratif yang dapat membantu kita mengetahui lebih lanjut tentang aktivitas jaringan. Cara menggunakannya sangat mudah, yakni :

1. Buka browser web dan masukkan alamat IP router ke jendela browser web

Perlu diketahui jika beberapa router memiliki alamat IP default yang dapat digunakan untuk mengakses panel admin. Jika tidak, alamat IP dapat ditemukan di Windows dengan membuka command prompt (tekan Win + R lalu ketik cmd). Kemudian, ketik ‘ipconfig’ di jendela lalu tekan Enter. Alamat IP akan muncul berupa angka yang muncul di samping ‘Default Gateway’ atau ‘IPv4 address’.

2. Selanjutnya, ketik alamat IP itu di jendela browser dan masuk ke router.

Tidak semua router sama, tetapi setelah masuk, cari bagian yang berkaitan dengan ‘perangkat terhubung’; seperti Device Manager, Connected Devices, My Network, dan sebagainya. Cara ini bisa memberikan daftar alamat IP, alamat MAC, dan nama perangkat (jika terdeteksi) yang dapat ditemukan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Tidak Bisa Internetan Padahal WiFi Terhubung

Nah, setelah mengetahui langkah tersebut, kita tinggal melihat saja mana sih daftar pengguna yang tidak diinginkan tersebut. Pasti di antara kalian akan bertanya, “lalu bagaimana mencegah hal ini agar tidak terulang lagi ?”. Salah satu cara cepat dan paling gampangnya adalah dengan mengganti password WiFi. Pastikan pula jika password WiFi yang baru lebih kuat dengan hadirnya banyak karakter (kombinasi huruf kapital, angka, dll).

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *