Ini Cara Bikin dan Kirim Stiker Selfie Lucu di DM Instagram

 Emoji, stiker, dan GIF selalu menjadi pilihan saat ingin mengirimkan respon terhadap suatu pesan. Tetapi, seringkali yang dikirim itu tidak benar-benar mewakili ekspresi yang sesungguhnya. Chatting jadi terasa kurang seru.

Baca Juga: Ini Cara Atur Wallpaper Berbeda di Tiap Chat Room WhatsApp

Nah, Instagram menjawab permasalahan ini dengan merilis selfie sticker untuk DM. Fitur ini memungkinkan para penggunanya untuk membuat stiker animasi berdurasi pendek dan ekspresif. Pengguna bisa merekam ekspresi atau menggunakan emoji overlay (dengan bentuk hati, tertawa, dan lain sebagainya). Seru banget, kan?

Fitur ini telah tersedia pada update terbaru Instagram, yang pada update terbaru tersebut pengguna Instagram bisa mengirimkan DM kepada teman di Facebook.

Simak cara mengirimkan selfie sticker (dengan emoji animasi) pada Instagram di bawah ini!

Mula-mula, buka aplikasi Instagram dan buka tab ‘Profile’. Pilih tombol menu hamburger (bentuknya tiga garis) pada sudut kanan atas layar. Dari sini, klik Settings > Update Messaging.

Foto: How-To Geek

Selanjutnya, klik tombol ‘Update’ untuk mendapatkan fitur-fitur terbarunya.

Foto: How-To Geek

Akan muncul ikon baru untuk DM Instagram pada sudut kanan atas home screen Instagram. Ketuk ikon tersebut untuk memunculkan seluruh percakapan.

Foto: How-To Geek

Kemudian, pilih satu percakapan.

Foto: How-To Geek

Pada percakapan tersebut, klik ikon ‘+’ di sebelah text box untuk melihat opsi.

Foto: How-To Geek

Pilih ikon GIF.

Foto: How-To Geek

Dari list yang muncul kemudian, pilih fitur ‘Selfie’

Foto: How-To Geek

Dari sini akan terlihat opsi baru untuk merekam dan mengirim selfie sticker. Pegang ponsel pada posisi yang membuat seluruh wajah bisa terlihat pada preview stiker. Secara otomatis, Instagram akan mengganti background dengan warna gradasi.

Cobakan emoji overlay dengan memilih satu emoji. Ketika sudah siap, klik tombol ‘Shutter’ untuk merekam emoji tersebut (kamu juga bisa mengatur timer, lho).

Foto: How-To Geek

Setelah direkam, selfie sticker tersebut akan bergerak berulang-ulang (loop).

Jika belum puas dengan hasilnya, klik ‘Retake’ untuk merekam ulang. Jika sudah merasa cukup dengan hasilnya, klik tombol ‘Save Sticker’ untuk menyimpan karyamu. Dengan cara ini, stiker tersebut bisa digunakan terus-menerus.

Klik tombol ‘Send’ untuk mengirimkan stiker ke chat.

Foto: How-To Geek

Stiker tersebut akan bergerak di chat.

Foto: How-To Geek

Baca Juga: 15 Fungsi Tombol Windows di Keyboard untuk Pintasan

Ulangi langkah-langkah tadi untuk membuat dan mengirim selfie sticker lebih banyak lagi. Stiker-stiker yang tersimpan akan muncul di bagian ‘Saved Stickers’ di bawah fitur perekam. Untuk mengirimkan ke chat, tinggal klik stiker mana pun yang dimau.

Foto: How-To Geek

Selamat mencoba!

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *