Pintasan yang Wajib Diketahui Pengguna Macbook

Pintasan bagi laptop yang menggunakan Microsoft mungkin sudah banyak Anda temukan. Namun, bagaimana jika Anda menggunakan Macbook? Pintasan memang memberikan fungsi tersendiri untuk mempersingkat waktu pekerjaan.

Pengguna yang mengetahui tombol-tombol pintasan yang ada pada Macbook-nya, dapat memiliki ketangkasan dalam memaksimalkan semua tools yang ada pada perangkatnya. Bagi Anda pengguna Macbook, berikut adalah pintasan yang berguna untuk mempersingkat waktu pekerjaan Anda:

Baca Juga: Apple akan Rilis iOS 14.3 dengan Sejumlah Fitur Baru

A. Melompat ke Folder Tertentu

Terkadang saat melakukan pekerjaan, Anda ingin melompat dengan cepat dari satu folder ke folder tertentu. Daripada membuka menu satu per satu, berikut adalah shortcut atau pintasan yang bisa digunakan:

  • Command + Shift + C: Folder sistem tingkat atas
  • Command + Shift + D: Desktop
  • Command + Shift + F: Semua File Saya
  • Command + Shift + G: Buka Folder
  • Command + Shift + H: Folder asal
  • Command + Shift + I: Folder iCloud Drive
  • Command + Shift + O: Folder dokumen
  • Command + Shift + R: Folder AirDrop
  • Command + Shift + U: Folder Utilities
  • Command + Option + L: Folder unduhan

B. Menampilkan File Tersembunyi

Menyembunyikan dan melihat file di Finder memang mudah. Namun, jika ada cara yang lebih cepat mengapa tidak dicoba? Di keyboard, Anda bisa mempersingkat proses tersebut dengan menekan tombol Command + Shift + Titik (.). Dengan menekan kombinasi tombol tersebut, Anda dapat dengan sangat mudah dan cepat melihat file yang tersembunyi.

C. Cut dan Paste File

Pertanyaan umum bagi pengguna Macbook baru ialah: bagaimana cara memotong dan menempelkan file? Hal itu bisa dijawab menggunakan cara klik kanan file pada Finder dan nanti opsi Cut atau Memotong akan ditampilkan. Namun, ada sebuah pintasan khusus di keyboard yang akan mempercepat pekerjaan Anda dalam melakukan Cut dan Paste sebuah file.

Kombinasi tombol Command + Option + V adalah tombol rahasia yang bisa secara langsung melakukan potong (Cut) dan tempel (Paste) file yang kamu inginkan. Berbeda dari menyalin atau Copy, saat Anda menggunakan pilihan Cut, berarti file yang Anda pindahkan tidak akan memiliki salinan di tempat awal. Tapi, sepenuhnya akan dipindahkan ke tempat baru.

D. Menemukan Aplikasi Dock Dengan Cepat

Ingin menghapus program di Dock, tetapi tidak ingat di mana Anda menginstalnya? Tahan tombol Command sambil mengklik ikon Dock program. Finder akan membuka jendela baru di lokasi aplikasi yang disorot.

E. Menghapus File Menggunakan Keyboard

Menghapus file dan langsung membuangnya ke ‘tempat sampah atau trash bin’ dapat dilakukan dengan sangat mudah. Cukup menekan Command + Delete, kemudian akan ada sebuah pop-up yang menanyakan ‘Apakah Anda benar ingin melakukannya?’, Anda cukup menekan Enter dan file Anda akan terhapus. 

Jika Anda ingin mengosongkan trash bin Anda, cukup tekan Command + Shift + Delete. Pop-up yang sama akan muncul, dan jika Anda menghendaki untuk benar-benar mengosongkannya cukup tekan Enter. Voila, trash bin Anda akan bersih dalam waktu sekejap.

Baca Juga: Cara Jitu Menghemat Baterai iPhone yang Menggunakan iOS 14

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *