Uni Eropa akan Menyumbang 5% Pasokan Vaksin Covid-19 ke Negara Miskin

Ilustrasi Vaksin Covid-19

Uni Eropa berencana menyumbangkan 5% dari pasokan vaksin virus corona yang mereka beli dari perusahaan farmasi. Tindakan tersebut berisiko melemahkan skema distribusi vaksin oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO

Rencana tersebut dirancang oleh pemerintah Perancis. Hal itu sekaligus memberikan informasi yang jelas mengenai target sumbangan vaksin Covid-19 dari Uni Eropa.

Meski begitu, keputusan Uni Eropa itu bakal memberikan pukulan bagi program COVAX. Program tersebut dirancang WHO dan dipimpin oleh GAVI dengan bertujuan memberikan akses vaksin virus corona yang adil dan merata ke seluruh dunia.

Melalui program COVAX, negara kaya diminta untuk menyumbangkan dana untuk negara miskin yang tak mampu membeli vaksin. Adapun target WHO melalui Covax yaitu 2 miliar dosis vaksin pada akhir tahun depan untuk 20% orang yang paling membutuhkan di seluruh dunia.

Namun, negara miskin hanya akan mendapatkan sumbangan sebesar 65 juta vaksin jika rencana Perancis di sepakati 27 negara anggota Uni Eropa. Jumlah tersebut merupakan 5% dari 1, …

Selengkapnya : Uni Eropa akan Menyumbang 5% Pasokan Vaksin Covid-19 ke Negara Miskin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *