Cara Melihat Gerhana Matahari Total 14 Desember 2020 di RI

Gerhana matahari total diketahui akan muncul lagi pada 14 Desember 2020. Sayangnya, fenomena langka ini hanya dapat terlihat di Amerika Serikat dan Afrika. Meskipun begitu, fenomena gerhana matahari total ini tetap menjadi sebuah penutup tahun 2020 yang menarik.

Masyarakat Indonesia yang sudah sangat menantikan fenomena ini, tidak perlu khawatir. Sebab, Anda bisa menyaksikannya secara live streaming. Melalui siaran langsung tersebut, tentunya Anda tidak memerlukan sebuah perlengkapan penunjang, seperti kacamata khusus.

Acara live streaming ini diadakan oleh Time and Date pada 14 November 2020 di kanal YouTube mereka. Time and Date sendiri adalah sebuah situs asal Amerika Serikat (AS) yang bergerak dalam bidang zona waktu.

Baca Juga: Gagal Mendarat, Roket Starship SN8 SpaceX Meledak Hebat

“Tonton siaran langsung gerhana matahari total yang spektakuler pada 14 Desember 2020, mulai pukul 14:30 UTC atau sama dengan sekitar 21:30 WIB,” tulis deskripsi Time and Date di kanal YouTube-nya. Bagi Anda yang tertarik, dapat langsung join di waktu tersebut dengan klik tautan di bawah ini:

Dilansir dari CNET, perahu atau kapal yang ditempatkan dengan baik di beberapa bagian Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik kemungkinan akan memiliki kesempatan untuk melihat fenomena alam ini.

Sementara itu, bagi Anda yang mungkin sedang berada di Chile dan Argentina bisa melihat fenomena gerhana matahari total ini secara langsung. Fase total gerhana ini juga akan terlihat di jalur sempit yang membentang melintasi Samudera Pasifik bagian selatan dan Samudra Atlantik. Sedangkan, di wilayah Afrika bagian barat daya, gerhana ini akan terlihat secara parsial.

Gerhana matahari total 14 Desember 2020 ini diperkirakan akan berlangsung sekitar 2 menit 10 detik. Apabila cuaca di daerah yang sudah disebutkan di atas cerah, maka dapat menyaksikan gerhana matahari total sepenuhnya secara langsung.

Foto: Ilmu Geografi

Gerhana matahari total sendiri dapat terjadi ketika posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari. Sehingga, ketiga objek tersebut berada pada satu garis lurus dan mengakibatkan matahari tertutup oleh bulan

Berdasarkan cara tertutupnya matahari, terdapat empat jenis gerhana matahari; yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari cincin, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari hibrida/campuran.

Baca Juga: Minat Dimakamkan di Bulan? NASA Pasang Tarif Rp 176,5 Juta

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *