BPPT Luncurkan Mobile Lab BSL-2 untuk TIngkatkan Tes Covid-19

BPPT Meluncurkan Kendaraan Mobile Lab BSL2

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meluncurkan varian bus bernama mobile lab BSL-2. Kendaraan tersebut diharapkan dapat membantu proses 3T (tracing, testing, dan treatment) sehingga memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Apalagi sejumlah daerah masih kesulitan untuk melaksanakan tes dan penelusuran. “3T  bisa diimprovisasi dengan pelacakan (tracking) yang saat ini diupayakan pengembangan aplikasinya, ” kata Kepala BPPT Hammam Riza dalam keterangan tertulis, Rabu (16/12).

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo dan Riza melepas keberangkatan mobile lab BSL-2 di Graha BNPB. Mobil tersebut merupakan inovasi dari peneliti dan perekayasa BPPT.

Kendaraan tersebut dapat membantu peningkatan kapasitas uji sampel spesimen Covid-19 di daerah sehingga prosesnya dapat lebih dipercepat, dipersingkat, dan lebih akurat.Hingga saat ini kapasitas pengujian sampel Covid-19 sudah mencapai 95% dari target Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Namun, ada beberapa wilayah yang mengalami kesulitan dalam pengujian sampel. “Sebagian laboratorium masih terpusat di beberapa kota besar dan masih menunggu waktu di dalam pengujian spesimen tersebut, ” ujar Hammam.

Lebih lanjut, dia mengatakan mobile lab

Selengkapnya : BPPT Luncurkan Mobile Lab BSL-2 untuk TIngkatkan Tes Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *