Cara Simpan File dengan Safe Folder Google di Android

 Smartphone adalah perangkat yang sangat pribadi, dan tak jarang berisi informasi sensitif. Jika kamu khawatir orang lain akan menemukan hal-hal privasi di smartphone-mu, kamu bisa menyembunyikan dan mengunci file tersebut dengan menggunakan Safe Folder di aplikasi Files by Google.

Safe Folder adalah folder khusus di aplikasi Files untuk menyimpan file-file pengguna. File yang disimpan ke Safe Folder tidak dapat diakses di tempat lain. Fitur ini cocok digunakan untuk menyimpan foto sensitif atau dokumen pribadi.

Baca juga: Cara Mengosongkan Storage WhatsApp, Anti ‘Nyampah’

Untuk menggunakannya, pertama-tama unduh aplikasi Files by Google dari Google Play Store. Lanjutkan proses penyetujuan persyaratan layanan, lalu berikan izin pada aplikasi Files untuk mengakses foto, media dan file.

Buka tab Browse, lalu gulirkan layar ke bagian Collection sampai menemukan Safe Folder. Ketika mengakses folder ini untuk yang pertama kali, aplikasi akan meminta pengguna untuk mengatur 4 digit PIN sebagai mode keamanan.

Masukkan lagi 4 digit PIN untuk mengonfirmasi, lalu pilih tombol Berikutnya atau Next untuk melanjutkan. Safe folder milikmu sudah tersimpan. Untuk memindahkan file ke Safe Folder, cukup tahan file yang akan dipindahkan, lalu pilih ikon Menu (tombol itik tiga berjejer di pojok kanan atas).

Baca juga: Begini Cara Langganan Spotify Premium Pakai GoPay, Praktis!

Pilih menu Move to Safe Folder dari menu drop-down. Sistem akan meminta PIN yang sebelumnya sudah diatur. Masukkan PIN, lalu tekan tombol Next.

File sekarang akan dihapus dari folder utama dan akan pindah ke Safe Folder. File-file ini juga tidak akan bisa diakses oleh aplikasi pihak ketiga. Selamat mencoba!

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *