Caribu, Aplikasi Obrolan Video Interaktif yang Menyenangkan

 Selama masa pandemi, kita harus menemukan alternatif untuk bisa terhubung secara virtual. Hal ini jadi lebih sulit jika orang yang dihubungi adalah anak kecil yang lebih tertarik bermain game daripada mengobrol lewat video call.

Caribu adalah aplikasi komunikasi berbasis video interaktif yang cocok digunakan untuk menghubungi anak-anak berusia 0 sampai 13 tahun. Apikasi ini bisa digunakan untuk mengobrol, sambil membaca cerita, menggambar, dan bermain game bersama.

Caribu telah ada sejak 2016 dan popularitasnya berhasil meroket selama pandemi berlangsung. Basis penggunanya tumbuh 10 kali lipat dalam semalam ketika lockdown dimulai pada bulan Maret silam.

Baca juga: Antisipasi Peretasan, Facebook Perbanyak Fitur Keamanan Akun

Sekarang, Caribu memiliki lebih dari setengah juta pengguna di lebih dari 200 negara dan wilayah. Awal bulan ini, Caribu dinobatkan sebagai salah satu pemenang Apple’s App Store Best of 2020.

Pengguna dapat menambahkan teman atau anggota keluarga sebagai kontak untuk dihubungkan melalui aplikasi. Aplikasi ini sekarang hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan satu-satu.

Saat memulai panggilan, pengguna memiliki opsi untuk memainkan game seperti game teka-teki atau game mencocokkan gambar yang bisa dimainkan secara bergiliran, ada juga buku mewarnai dan buku bergambar yang bisa dimainkan bersama-sama. Untuk bayi dan balita, aplikasi juga menyertakan ‘buku’ hitam putih kontras tinggi dan aktivitas lain untuk menarik perhatian mereka.

Foto: Caribu

Baca juga: Cara Menghapus Riwayat Perjalanan di Google Maps

Beberapa orang tua menggunakan Caribu sebagai alat untuk komunikasi dengan anak-anaknya secara virtual. Banyak para kakek dan nenek melaporkan bahwa aplikasi tersebut telah mengubah cara mereka berkomunikasi dengan cucunya.

Caribu juga berkomitmen terhadap keragaman yang tercermin dalam perpustakaan buku situs tersebut. Ada beberapa judul buku cerita yang mencakup kisah anti-rasis yang sesuai untuk anak-anak.

Caribu tersedia di web serta di iOS dan ponsel Android. Beberapa konten bisa diakses secara gratis, namun untuk mengakses seluruh fitur, Caribu mengenakan biaya berlangganan sebesar USD 10 per bulan atau USD 100 setahun. Caribu juga menawarkan langganan gratis untuk anggota militer dan guru.

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *