Google Assistant Dukung Browsing di Chrome Pakai Suara

Perintah suara (voice command) memang membuat hidup terasa lebih mudah. Tidak perlu mengetik, cukup dengan mengucapkan sebuah perintah pada perangkat kita untuk melakukan sesuatu, perangkat kita pun akan langsung melaksanakan perintah tersebut.

Tidak heran, voice command belakangan ini menjadi fitur yang gencar ditanamkan vendor-vendor elektronik maupun pengembang aplikasi pada produknya.

Baca Juga: Alasan Lingkungan, Xiaomi Mi 11 Bakal Dijual Tanpa Charger

Kini, browser milik Google, Google Chrome, untuk versi Android-nya memiliki fitur perintah suara yang didukung dengan Google Assistant. Sebelumnya, produk Google lain sudah lebih dahulu didukung dengan Google Assistant, seperti GBoard yang memudahkan pengguna mengetik keperluan mereka dengan bantuan perintah suara.

Pengguna tidak perlu menggunakan versi khusus Chrome, seperti versi Canary dari browser, sebagaimana dilansir dari Android Police, Senin (28/12). Pengguna bisa langsung mengaktifkan mode pencarian dengan suara melalui versi saluran Chrome 87.

Pengguna bisa masuk ke situs chrome://flags lalu mencari Penelusuran Suara Asisten Omnibox. Setelahnya, pengguna memilih opsi menghidupkan fitur dan muat ulang browser.

Baca Juga: Rindu Baca Buku di Perpustakaan? Coba Library Explorer!

Pencarian suara di Google Chrome bisa digunakan jika semua langkah telah dilakukan. Pengguna cukup mengklik tombol mikrofon di omnibox Chrome atau ketika pengguna membuka tab baru. Pengguna bisa langsung mengucapkan yang ingin dicari dan Google Assistant pada Chrome akan langsung memahami perintah tersebut.

Bagi ponsel yang belum memiliki versi baru Google Assistant tidak perlu khawatir karena fitur ini tetap bisa berjalan. Hanya saja, pada Google Assistant versi lama tidak akan terlihat efek visual yang glowing di bagian bawah seperti yang terlihat pada versi baru. 

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *