Kontroler DualSense PlayStation 5 Kini Didukung Linux

Konsol PlayStation milik Sony telah lama dikenal kompatibel dengan Linux. Oleh karenanya, selama bertahun-tahun pengguna Linux memasang sistem operasi ini di perangkat PlayStation mereka. 

Baca Juga: Film-film Adaptasi dari Video Game yang Dirilis pada 2021

Hal tersebut semakin lengkap dengan hadirnya driver Linux yang dirilis oleh Sony untuk kontroler DualSense dari PlayStation 5. Dengan driver tersebut, pengguna bisa memakai kontroler untuk bermain game Linux. 

Dikutip dari Gizchinadriver kernel Linux “hid-PlayStation” mendukung kontroler DualSense dalam mode USB maupun Bluetooth. Dilaporkan oleh Phoronix, dukungan tersebut juga meliputi sensor gerak, lampu LED, touchpad, rumble, dan lightbar. Selain itu, driver ini juga bakal mendukung perangkat keras PlayStation lainnya di Linux.

Sayangnya, driver baru ini belum mampu mendukung adaptive trigger dan haptic feedback berbasis VCM pada kontroler DualSense, dikarenakan “ukuran data yang besar” dan “struktur data yang kompleks”. Hingga kini, masih belum dapat dipastikan apakan dukungan untuk kedua fitur tersebut akan ditambahkan.

Hadirnya driver Linux “hid-PlayStation” baru tersebut juga menandakan Sony yang berencana untuk memisahkan driver kernel untuk perangkat keras PlayStation dari divisi Sony Interactive Entertainment dan juga perangkat Sony lainnya. Hal ini disebabkan perusahaan yang berencana untuk melanjutkan dukungan driver kernel “hid-sony” yang telah hadir lebih dulu. 

Kontroler DualSense yang hadir bersama dengan peluncuran PlayStation 5 baru-baru ini menerima peningkatan dukungan untuk penggunaan di PC melalui Steam. Pembaruan tersebut memungkinkan rumble (getar) dapat didukung melalui Bluetooth dan penggunaan external haptic feedback meski rumble sedang digunakan. 

Baca Juga: Sambut 2021, SNK Akan Bikin Konsol Game Baru

Selain itu, Sony juga baru saja memperbarui firmware pada kontroler DualSense PlayStation 5, di mana pengguna diminta untuk menghubungkan kontroler pada konsol melalui kabel USB. 

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *