Terungkap, Ini Dia Bocoran Fitur iPhone 13

 Belum lama iPhone 12 dirilis, kini sudah beredar bocoran fitur dari smartphone baru buatan Apple yang akan datang, iPhone 13.

Dalam bocoran yang beredar, iPhone 13 dikabarkan akan hadir dengan sejumlah peningkatan yang cukup signifikan. 

Layar 120 Hz

Bocoran pertama, Apple disebut akan memberikan dukungan refresh rate 120 Hz pada layar iPhone 13. Sejatinya rumor ini bukan sesuatu yang baru.

Pasalnya sudah sejak lama beredar informasi jika Apple bakal mengadopsi refresh rate 120 Hz pada smartphone besutannya. Kala itu diprediksi bakal hadir di iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max, namun berakhir dibuang karena masalah teknis dan biaya.

Baca juga: Jack Ma Hilang Bagai Ditelan Bumi, Begini Nasibnya Sekarang

Meski digadang-gadang akan hadir dengan dukungan refresh rate 120 Hz, namun kabarnya tidak semua seri iPhone 13 akan mengadopsi layar ini.

ET News melaporkan, hanya iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max saja yang akan mengadopsinya. Kedua ponsel ini akan menggunakan panel LTPO OLED 120Hz. Sementara iPhone 13 standar dan iPhone 13 Mini bakal memakai panel LTPS OLED 60Hz.

Samsung, LG dan BOE Display disebut akan menjadi pemasok semua panel iPhone 13 series.

Tanpa Port

Bocoran iPhone 13 lainnya adalah terkait port untuk pengisian daya ponsel.  Alih-alih akan merubah tipe port dari lightning menjadi USB Type C, pihak Apple justru di kabarkan akan menghilangkan port charger tersebut.

Rumor ini juga sebenarnya bukanlah hal baru. Bahkan, kehadiran seri iPhone 12 menegaskan jika kemungkinan hilangnya port charger ini akan menjadi kenyataan di masa depan.

Sebab, seperti kita ketahui perilisan seri iPhone 12 memang tidak dilengkapi charger dalam paket pembeliannya dan memperkenalkan MagSafe untuk isi ulang secara wireless.

Hal ini di sebut-sebut sebagai upaya pihak Apple untuk ‘melatih’ penggunanya untuk terbiasa menggunakan charger nirkabel. Sehingga jika Apple benar-benar menghilangkan port charger pada ponselnya, pengguna tidak kaget.

Baca juga: Begini Cara Cek Penerima Vaksin Covid-19 Gratis

Hilangnya port charger ini membuat iPhone terbaru bakal lebih tahan air. Hanya saja, Apple harus mencari cara untuk tetap memberikan kemudahan pengguna untuk menyambungkan koneksi ponselnya kepada PC atau MAC.

Sebab, selama ini port charger tidak hanya untuk pengisian ulang baterai. Melainkan juga untuk koneksi terhadap PC atau Mac.

Kendati demikian, informasi ini masih sebatas rumor. Kepastian mengenai seperti apa spesifikasi serta fitur yang disematkan pada iPhone 13 akan bisa kita ketahui pada saat peluncuran sekitar akhir tahun 2021 mendatang.

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *