Riset dan Inovasi Menyeimbangkan Pemulihan Kesehatan dan Ekonomi

Bambang Brodjonegoro

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar terhadap sektor kesehatan di Indonesia. Penyebaran virus yang masif juga membuat lesu perekonomian nasional. Selama triwulan II dan III tahun 2020 pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat minus atau dalam kondisi resesi.

Saat ini, berbagai negara termasuk Indonesia, tengah berupaya bangkit dan mendorong pemulihan pascapandemi. Segala daya dikerahkan untuk beradaptasi dengan era tatanan baru atau new normal. Salah satu sektor yang memiliki peran penting dalam proses ini ialah riset dan inovasi.

Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) misalnya, telah membentuk Konsorsium Riset dan Inovasi Penanganan Covid-19 sejak awal Maret 2020. Konsorsium ini sudah menghasilkan lebih dari 60 produk inovasi untuk menangani virus Corona.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai peran riset dalam pemulihan pascapandemi dan untuk mengawal pembangunan Indonesia di masa depan, berikut petikan wawancara dengan Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro.

Seperti apa peran riset dan pengembangan pada pemulihan pascapandemi?

Ketika bicara penanganan proses pemulihan, itu saya artikan berupaya mencari …

Selengkapnya : Riset dan Inovasi Menyeimbangkan Pemulihan Kesehatan dan Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *