Ada Fatwa MUI, Masyarakat Diminta Tak Ragu Gunakan Vaksin AstraZeneca

HEALTH-CORONAVIRUS/EU-ASTRAZENECA

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah resmi menetapkan fatwa memperbolehkan penggunaan vaksin virus corona Astrazeneca. Keputusan itu diharapkan dapat menghapus keraguan masyarakat untuk menggunakan vaksin tersebut.

Adapun fatwa tersebut ditetapkan melalui nomor 14 tahun 2021 tentang Hukum Penggunaan Vaksin Covid-19 AstraZeneca pada 17 Maret 2021. “Fatwa tersebut diserahkan kepada pemerintah untuk dijadikan panduan, ” kata Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam Sholeh dalam siaran pers, Jumat (19/3).

Vaksin AstraZeneca diperbolehkan karena ada kondisi kebutuhan yang mendesak dan darurat. Selain itu, ada keterangan dari ahli yang kompeten dan terpercaya tentang adanya bahaya (resiko fatal) jika tidak segera dilaksanakan vaksinasi Covid-19.

Pertimbangan lain dibolehkannya penggunaan vaksin tersebut karena ketersediaan vaksin Covid-19 yang halal dan suci tidak mencukupi untuk pelaksanaan vaksinasi. Padahal, pasokan vaksin dibutuhkan untuk mewujudkan kekebalan kelompok (herd immunity).

Apalagi pemerintah tidak memiliki keleluasaan memilih jenis vaksin Covid-19 mengingat keterbatasan vaksin yang tersedia. Di sisi lain, pemerintah menjamin keamanan penggunaan vaksin AstraZeneca. 

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengevaluasi keamanan, …

Selengkapnya : Ada Fatwa MUI, Masyarakat Diminta Tak Ragu Gunakan Vaksin AstraZeneca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *