Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Hapus Aplikasi

 Jengkel rasanya jika smartphone sudah mulai lambat akibat memori yang penuh. Salah satu cara menghemat penyimpanan smartphone adalah dengan menghapus aplikasi tersebut, namun bagaimana jika itu aplikasi yang penting?

Sebab dari memori internal di gawai kamu penuh adalah sering merekam video, memotret dengan resolusi HD, sering mengirim atau menerima pesan suara, edit video menggunakan aplikasi dalam smartphone, dan lainnya.

Berikut ini beberapa upaya agar smartphone kamu memiliki penyimpanan yang luas tanpa menghapus aplikasi yang penting :

1. Hapus Cache Secara Berkala

Hapus Cache pada aplikasi yang menurut kamu memakan memori cukup besar.

2. Menghapus Data di Aplikasi Messenger

Jika kamu masuk ke dalam aplikasi chat seperti Whatsapp contohnya, pergi ke Settings – Storage and Data – Manage Storage.

Disana kamu dapat melihat berapa banyak penyimpanan yang dibutuhkan untuk setiap personal chat ataupun group chat, kamu pun dapat menghapus foto atau video disana supaya tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Baca Juga : Awas! Jangan Unduh dan Buka Dokumen PDF dengan Format Ini

3. Menghapus File Sampah

Cara alternatif lainnya agar ruang penyimpanan smartphone luas adalah dengan menghapus file – file sampah. Kamu dapat menggunakan aplikasi pembersih file sampah.

4. Melakukan Restart

Sistem di dalam smartphone akan membuang cache secara otomatis ketika smartphone kamu mati saat proses restart. Namun kamu juga harus tetap melakukan hapus cache sekara berkala.

5. Menyimpan Berkas penting di Layanan Cloud

Kamu dapat menggunakan Google Drive, Dropbox, iCloud atau layanan Cloud lainnya. Kamu hanya perlu mengkonfigurasikan aplikasi – aplikasi agar dapat menyimpan ke ruang penyimpanan Cloud.

6. Hapus File Video Download dari Aplikasi YouTube

Jika video yang kamu download sudah kamu tonton, sebaiknya remove dari unduhan karena memang sering menyebabkan ruang penyimpanan cepat penuh.

Baca juga: Cara Mengatasi Filter Instagram Tidak Muncul atau Lemot

7. Dengarkan Musik Secara Online

Kini, kamu sudah tidak perlu lagi download banyak lagu dan menyimpannya di smartphone.Sudah banyak aplikasi penyedia musik untuk didengarkan secara online contohnya Spotify, Apple Music, Deezer dan lainnya.

8. Pindahkan File ke MicroSD atau Laptop

Kamu dapat mensortir file dengan ukuran besar untuk dipindahkan ke MicroSD atau laptop kamu. Cara ini sangat efektif untuk mengosongkan ruang penyimpanan di smartphone kamu.

(cf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *