4 Keadaan Dimana Anda harus Merekrut Seorang Akuntan

Foto: Getty Images

Akuntansi, pajak, dan perencanaan keuangan adalah tugas yang rumit untuk dilakukan dengan baik bagi mereka yang tidak memiliki pemahaman tentang akuntansi. 

Untungnya, ada alat seperti software akuntansi, yang dapat Anda gunakan untuk dapat memudahkan proses pembukuan dan akuntansi dalam bisnis. Tetapi pada titik tertentu, Anda mungkin harus memutuskan untuk merekrut seorang akuntan untuk jasa profesional mereka. 

Namun dalam keadaan apa saja yang mengharuskan Anda menggunakan jasa akuntan profesional? Mari kita bahas.

Tanda-tanda Anda mungkin perlu menggunakan seorang akuntan

Anda mungkin tidak perlu menggunakan akuntan bisnis penuh waktu, tetapi Anda mungkin memerlukan layanan akuntan secara berkala atau per proyek dalam bisnis.

Ingatlah, Anda adalah pemilik bisnis, bukan akuntan. Mendapatkan nasihat ahli dari seorang profesional akuntansi dapat membantu Anda memeriksa kesehatan keuangan bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa keadaan yang menandakan Anda memerlukan bantuan seorang akuntan.

1. Anda memulai bisnis

Saat pertama kali membuka bisnis, Anda harus membuat sejumlah keputusan. Pilihan yang Anda buat pada tahap ini membentuk masa depan perusahaan Anda.

Mempekerjakan seorang akuntan untuk mendapatkan nasihat ahli mereka dapat membantu Anda melihat opsi keuangan terbaik Anda. Belum lagi, seorang profesional dapat membantu Anda tetap mematuhi peraturan yang berlaku bagi para pemilik bisnis 

Jika Anda tidak yakin bagaimana memulai bisnis dan tidak ingin melakukannya sendiri, Anda dapat menggunakan seorang akuntan untuk:

  • Membantu Anda memilih struktur bisnis Anda (misalnya, kepemilikan perseorangan, CV, dll.)
  • Ikuti peraturan pemerintah untuk struktur bisnis Anda
  • Memberikan opsi pembiayaan yang berbeda
  • Memandu Anda melalui proses menyiapkan akun pajak
  • Mendapatkan lisensi dan izin usaha

Apakah Anda perlu mendapatkan pembiayaan atau tidak, Anda juga harus membuat rencana bisnis formal di awal perjalanan wirausaha Anda. Rencana bisnis mencakup laporan dan proyeksi keuangan dan seorang akuntan dapat membantu Anda membuat, memahami, dan menyajikan angka-angka keuangan bisnis Anda secara tepat.

2. Bisnis Anda berkembang

Apakah penjualan Anda meledak dalam semalam? Berjalan sesuai rencana? Bagaimanapun, seorang akuntan dapat membantu saat bisnis Anda tumbuh.

Bisnis yang lebih besar berarti lebih banyak keuntungan dan tentu lebih banyak pengeluaran. Tetapi ingatlah pepatah ini; jika Anda terbang terlalu dekat dengan matahari itu akan membakar tubuh Anda, Sama seperti bisnis yang tidak meperthatikan biaya pengeluaran dan merusak masa depan bisnis.

Seorang akuntan memiliki keahlian untuk memproyeksikan seberapa sukses investasi Anda nantinya sehingga Anda dapat dengan percaya diri membelanjakan pendapatan Anda tanpa mengeluarkan uang berlebihan.

Mereka dapat memperingatkan Anda tentang pembelian bisnis yang berbahaya dan menyarankan investasi cerdas.

Akuntan memainkan peran utama dalam perencanaan pajak akhir tahun untuk pemilik bisnis dan dapat membantu Anda mencegah pengeluaran berlebih dan menjaga kesehatan kas dalam bisnis.

Laporan mereka dapat mengontrol Anda untuk tidak melakukan investasi yang salah  Dan jika Anda mengalami pertumbuhan bisnis, Anda mungkin perlu memperbarui rencana bisnis Anda. Rencana bisnis adalah dokumen yang selalu berubah yang harus berkembang seiring perkembangan bisnis Anda. Anda mungkin berbicara dengan akuntan tentang membuat pembaruan rencana bisnis utama.

sumber gambar: taxconsultantsofsanantonio.com

3. Anda tidak memahami pajak bisnis

Pajak bisa membingungkan, terutama jika Anda mengajukan pengembalian pajak bisnis kecil pertama Anda. Jika Anda memuat kesalahan, dan Anda bisa berakhir dengan kurang pajak. Belum lagi, Anda bisa kehilangan peluang untuk menurunkan tagihan pajak Anda melalui pengembalian pajak.

Tidak yakin harus mulai dari mana dengan pengembalian pajak Anda? Seorang akuntan dapat membantu Anda memahaminya dengan:

  • Memberi tahu Anda formulir pengembalian pajak mana yang perlu Anda ajukan untuk struktur bisnis Anda
  • Memberitahu Anda tentang tenggat waktu pengajuan.
  • Menemukan kredit dan potongan pajak
  • Membantu Anda memahami catatan akuntansi Anda

Anda mungkin harus menyewa akuntan untuk pajak saat Anda baru memulai bisnis (atau pada tahap apa pun dalam kepemilikan bisnis) untuk membantu memastikan Anda mengisi formulir dengan benar.

4. Anda diaudit

Audit bisa menjadi cobaan yang menegangkan bagi pemilik bisnis. Selama audit, auditor menganalisis dan memaparkan riwayat keuangan Anda untuk menemukan perbedaan.

Akuntan dapat meninjau catatan Anda dan memastikannya dengan akurat. Mereka dapat merekonsiliasi akun, memeriksa informasi yang hilang, dan menjalankan laporan untuk membantu Anda menghindari masalah dan menjaga agar pembukuan Anda tetap mutakhir, jelas, dan akurat.

Kesimpulan

Terkadang, Anda tidak memerlukan tanda yang jelas untuk memberi tahu Anda sudah waktunya menyewa atau menggunakan akuntan.

Jika suatu saat Anda merasa tidak yakin tentang berbagai hal dalam bisnis Anda atau menginginkan pendapat ahli, Anda dapat mempertimbangkan untuk berbicara dengan seorang profesional akuntansi.

Seorang akuntan dapat membantu Anda menghemat waktu, menangkap masalah sejak dini, dan memahami informasi bisnis yang penting.

Siap mencari akuntan untuk bisnis kecil? Pertama, Anda perlu mempelajari cara mempekerjakan seorang akuntan. Kamu bisa:

  • Membuat daftar apa yang Anda cari dari seorang akuntan
  • Lihat beberapa jasa akuntan publik yang sudah terpercaya dan berpengalaman 
  •  Bicaralah dengan akuntan untuk mempelajari keahlian dan harga mereka

Anda dapat menghubungi akuntan di daerah Anda. Atau, Anda dapat menyewa akuntan online melalui internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *