Penemuan Teknologi dari Indonesia yang Diakui Dunia

Indonesia resmi dikeluarkan dari daftar negara berkembang atau Developing and Least-Developed Countries (LDGCs) per tanggal 10 Februari lalu.

Meski belum bisa disejajarkan dengan negara adidaya seperti Amerika Serikat, bukan berarti Indonesia tidak memiliki prestasi internasional yang membanggakan. 

Berikut ini Teknologi.id rangkum beberapa penemuan teknologi dari Indonesia yang bisa kita banggakan dan sudah diakui oleh dunia internasional:

Baca Juga: Aplikasi Android Kamu Hari Ini Error? Coba Cara Ini

5 Penemuan Teknologi dari Indonesia yang Diakui Dunia

1. Pendeteksi dan Pembasmi Kanker

Foto : jalantikus

Alat yang ternyata bisa menyembuhkan kanker ganas di tubuh manusia ditemukan oleh orang Indonesia bernama Warsito Purwo Taruno, pria kelahiran Karanganyar, Jawa Tengah.

Penemuannya tersebut mampu menyembuhkan kakaknya dari kanker payudara dan seorang remaja laki – laki yang menderita kanker otak.

Alat pembasmi kanker ini memiliki fungsi seperti brain activity scanner, breast activity scanner, brain cancer electro capacitive therapy, dan breast cancer electro capacity therapy.

2. Crack Theory – Pemecah Masalah Dunia Penerbangan

Presiden Republik Indonesia ke-3 B.J. Habibie sukses mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, khususnya di bidang aviasi atau penerbangan.

Habibie menemukan Crack Theory pada 1960-an, ketika teknologi pesawat terbang belum secanggih sekarang. Melalui teori ini, Habibie dapat mengkalkulasi keretakan pada badan pesawat yang disebabkan kelelahan atau fatique.

Crack Theory hingga kini dipakai oleh seluruh industri penerbangan dunia, sehingga saat ini kita dapat menikmati bepergian menggunakan pesawat dengan aman dan tenang.

3. Mobil Listrik Nasional

Ricky Elson mampu mengembangkan mobil listrik tanpa BBM. Tanpa memiliki ijazah yang tinggi, Ricky dapat membuktikan kemampuannya tersebut.

Bersama timnya, Ricky Elson mampu membuat mobil listrik yang dinamainya Selo dan Gendis. Bahkan kedua mobil tersebut sempat dipamerkan di KTT APEC pada Oktober 2013.

4. Radar Satelit Bumi dan Antena Tembus Pandang

Josaphat Tetuko Sri Sumantyo adalah pria yang berhasil menemukan penemuan penting dalam sistem teknologi dan komunikasi di Bumi. 

Dia merupakan pemegang paten antena mikrostrip yang digunakan untuk berkomunikasi dengan satelit. Saat ini penemuannya telah digunakan oleh lebih dari 118 negara di dunia.

5. Telepon Bergerak Berbasis Satelit

Kini, orang-orang yang tinggal di pelosok sudah dapat menikmati layanan sinyal provider. Ini berkat penemuan Rahman Adiwoso, yang mana dengan satelit Garuda 1 temuannya berhasil membuat sinyal provider terjangkau di berbagai blank spot seperti hutan, pantai lepas, dan lainnya. Hasil penemuannya kini berhasil membebaskan 2975 desa di 40 kabupaten di Indonesia dari isolasi telekomunikasi.

(cf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *