Masker COVID-19 Khusus untuk Makan, Efektifkah?

Sudah satu tahun sejak COVID-19 tersebar di dunia, meskipun beberapa jenis vaksin sudah mulai diproduksi dengan tingkat efektifitas yang cukup, bukan berarti masyarakat dapat lengah dengan penyebarannya yang kian hari kian buruk. 

Penggunaan masker adalah hal yang esensial saat ini. Namun akhir-akhir ini peneliti di Mexico membuat masker COVID-19 yang dirancang khusus untuk dipakai saat orang sedang makan, masker tersebut hanya menutupi bagian hidung saja.

Masker ini memiliki desain yang hanya menutupi bagian hidung saja, bahkan banyak netizen yang mengolok-olok bentuk dari masker tersebut.

“Bukan penemuan baru, badut telah memakainya selama bertahun – tahun”, ujar seorang netizen.

Baca Juga : Ini Syarat Golongan Anak Muda Jika Ingin Disuntik COVID-19

Pusat pengendalian penyakit menyarankan untuk menggunakan masker yang menutupi rongga hidung dan mulut secara menyeluruh. Penggunaan masker N95 lebih baik untuk mencegah COVID-19 sebagaimana dikatakan Dr. dr. Bambang Udji Djoko Rianto, Sp.THT (K)., M.Kes. dalam berita UGM.

“Efektivitas pencegahan masker N95 ini paling baik, tetapi tidak disarankan untuk penggunaan sehari-hari bagi orang sehat karena bisa menyebabkan kesulitan nafas,” ujarnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan masyarakat agar menggunakan masker yang menutupi bagian hidung, mulut, dan dagu untuk pencegahan maksimal dari terpaparnya COVID-19.

(cf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *