Pentingnya Optimasi Gambar di Website untuk SEO

Ketika kita membuat konten di website, tentunya kita perlu memperhatikan aspek visual untuk menarik traffic pengunjung. Salah satu aspek visual yang sering digunakan adalah gambar. Gambar bisa berpengaruh besar terhadap apa yang akan dilakukan pengunjung web kita. Gambar yang menarik bisa membuat mereka membeli produk kita, membaca keseluruhan isi blog kita dan lain sebagainya.

Gambar yang menarik dapat dilihat dari resolusinya. Semakin tinggi resolusinya, biasanya semakin jelas pula gambar yang ditampilkan. Tapi, gambar dengan resolusi tinggi cenderung memiliki ukuran file yang tinggi. Ukuran file gambar yang tinggi bisa memperlambat loading time website kita. Optimasi gambar sangat diperlukan demi kebaikan website itu sendiri maupun bagi setiap pengunjung yang ada. Kenapa optimasi gambar sangat penting? Apa saja manfaat optimasi gambar website? Berikut ini manfaat yang bisa didapatkan dengan mengoptimasi gambar yang ada pada website kita.

1. Meningkatkan Kecepatan Loading Website

Kecepatan loading website bergantung pada konten apa saja yang akan ditampilkan pada website. Semakin besar konten yang ada, maka akan semakin lambat kecepatan loading website tersebut. Begitu juga sebaliknya. Jika pengunjung website Anda menunggu terlalu lama untuk melihat konten yang ada, dia akan cepat meninggalkan website Anda dengan membawa pengalaman pengguna yang buruk.

2. Space yang Dibutuhkan Lebih Sedikit

Penyedia layanan web hosting menyediakan beragam jenis fasilitas yang bisa dibeli customer. Ada yang menawarkan hosting dengan unlimited disk space, ada juga yang tidak. Optimasi gambar sangat berguna bagi website dengan hosting yang tidak unlimited, karena bisa menghemat space dengan memperkecil ukuran file. Tapi optimasi gambar juga berguna bagi website dengan hosting unlimited. Karena kembali kembali ke poin pertama tadi, loading speed akan semakin cepat.

3. Menambah Traffic dari Pencarian Gambar

Gambar yang menarik tentu saja akan mengundang lebih banyak orang daripada gambar yang biasa saja. Anda bisa mengupload gambar-gambar yang menarik untuk membawa lebih banyak traffic dari orang yang menggunakan fitur pencarian gambar.

4. Ranking di Hasil Pencarian Naik

Hasil pencarian akan naik karena loading website kita semakin cepat dan alt image yang ada pada setiap gambar kita yang tentunya relevan terhadap konten website, bisa membantu ranking pencarian naik lebih tinggi lagi.

Sangat menarik ketika kita mengetahui manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan ketika kita mengoptimasi setiap gambar yang ada pada website. Tapi bagaimana caranya untuk mengoptimasi gambar? Anda bisa mengunjungi artikel Optimasi Gambar Website berikut untuk mengetahui tips and trick mengoptimasi gambar dengan cara yang tepat. Semoga artikel singkat ini bisa membantu teman-teman sekalian. Cheers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *