5 Tips Strategi Video Marketing yang Ampuh

Seiring dengan perkembangan teknologi yang makin canggih, strategi marketing pun ikut berinovasi sendiri dalam beberapa cara yang fantastis, mulai dari Text Marketing, Picture Marketing, hingga Video Marketing.

Dua jenis marketing yang disebutkan pertama mungkin terlihat cukup mudah, tetapi jenis marketing yang disebutkan terakhir, yakni Video Marketing, butuh lebih banyak upaya untuk bisa membuatnya tak hanya sekedar menarik, namun juga tepat sasaran.

Nah, berikut ini Teknologi.id telah merangkum beberapa tips strategi video marketing yang ampuh untuk menarik audiens. Cekidot!

5 Tips Strategi Video Marketing yang Ampuh

1. Memahami Audiens

Sebelum memposting atau membuat jenis konten apa pun, hal pertama yang harus ditanamkan pada diri kita yaitu harus menetapkan tujuan.

Tetapkan tujuan kita untuk pembuatan video dan rekam dengan esensi yang sama. Jangan pernah keluar dari rel, karena hanya akan menambah pengalihan dari tujuan dibuatnya video tersebut.

Bicarakan tentang produk atau hal-hal yang ingin dipromosikan. Buat kampanye atau sesuatu yang membantu kita menjangkau audiens dengan cara yang kreatif. Pelajari wawasan konsumen untuk mengetahui tentang kesukaan dan ketidaksukaan audiens di media sosial kita.

2. Merek yang Konsisten

Selalu gunakan merek yang sama di sepanjang video agar tidak membingungkan audiens. Jangan pernah keluar jalur saat memberikan saran kepada audiens dan tetap pada jalur yang sama, yakni dengan merek dan tujuan yang sama.

Catat semua pesan yang ingin disampaikan dalam catatan kecil dan gunakan grafik kecil di seluruh video agar menciptakan gambaran yang lebih mendalam ke dalam benak audiens tentang merek kita.

Misalnya, ketika membuat video YouTube atau video untuk media sosial, kita harus selalu memfokuskan pada tips-tips yang akan mengarahkan audiens pada merek kita. Kita dituntut cerdas dalam menulis naskah video tersebut, atau kita bisa juga menyewa penulis naskah profesional agar hasilnya semakin bagus.

3. Fokus pada Anggaran

Produk atau hal-hal apa pun yang kita promosikan kepada audiens, haruslah masuk akal. Jangan keluar dari zona penawaran produk dan membuat anggaran yang melebihi orang biasa.

Meski begitu, kita juga harus selalu mempromosikan konten sesuai dengan jenis audiens. Jika kita berurusan dengan merek mewah, jangan membatasi anggaran dan fokuskan pada kualitas kemewahan itu sendiri. Strategi seperti ini akan membantu kita menargetkan audiens sesuai jenis produk yang kita tawarkan.

Sewa editor dan pembuat video profesional saat membuat video, pastikan untuk mendahulukan kualitas daripada anggaran di sini. Untuk bisnis kecil, bermainlah di bawah anggaran dan buat konten interaktif dengan itu, lalu sebarkan melalui platform video seperti InVideo, Snaptube atau pun media sosial populer seperti Instagram dan Facebook agar bisa menghemat banyak uang untuk mempromosikannya.

4. Optimasi SEO

Setiap kali menambahkan video di YouTube, pastikan video tersebut memiliki tag dan kata kunci yang tepat. Judul harus berisi semuanya, dan label akan membantu kita menjangkau audiens baru. Pengoptimalan SEO seperti ini akan membantu kita menjangkau audiens lebih luas.

Meski begitu, tiap platform memiliki pengoptimalan yang berbeda, karenanya kita harus mempelajari masing-masing strategi pengoptimalan untuk berbagai platform populer seperti YouTube, Facebook dan Instagram agar video kita menjadi viral dan populer.

5. Ukur Tingkat Keberhasilan

Sebelum melebarkan pemasaran produk di tempat yang lebih terbuka dan lebih luas cakupannya, kita harus mengukur seberapa sukses marketing yang telah kita lakukan di media sosial. Berikut ini beberapa indikator yang bisa dijadikan ukuran kesuksesan strategi marketing kita di media sosial:

  • Keterlibatan (Involvement) – Ini adalah jumlah total audiens yang berinteraksi dengan konten buatan kita
  • Jumlah Tayangan (View Count) – Untuk video di Instagram dan YouTube, kita dapat melihat jumlah penayangan untuk melihat berapa banyak orang yang telah melihat konten video yang diunggah.
  • Jumlah Pemutaran – Untuk video pendek di Instagram, hal ini menunjukkan berapa kali video tersebut diputar dan betapa orang menyukainya.
  • Komentar – Merupakan feedback yang bisa didapatkan untuk video yang kita unggah

Itulah beberapa tips strategi video marketing yang ampuh dan tepat sasaran, untuk hasil yang lebih baik, pastikan kalian menggunakan teknik yang tepat untuk mengoptimalkan video dan jangan membatasi kreasi dengan apa yang hanya ada di internet.

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *