Apache vs Nginx, Mana Web Server Terbaik PIlihan Anda?

Jika berbicara masalah website, maka Anda tidak akan lepas dari hal yang bernama web server. Secara sederhana bisa dijelaskan jika fungsi dari web server adalah tempat untuk menyimpan berbagai konten yang ada pada website.

Web server akan bekerja ketika mendapatkan permintaan dari browser. Permintaan ini akan berbentuk HTTP request. Web server juga akan memeriksa keamanan dari request tersebut. Di dalam web server, HTTP request ini juga akan diproses pada HTTP server.

Pada proses ini, jika diperlukan maka web server juga akan mengirimkan permintaan ke database. Jika semua sudah lengkap dan aman maka web server akan mengirimkan respon ke browser dengan cara menampilkan halaman situs web yang diminta.

Jika berbicara masalah web server, maka dua platform paling dikenal adalah Apache dan NGINX. Keduanya merupakan web server dengan jumlah pengguna paling banyak.

Perbedaan Apache dan NGINX

Berikut adalah perbandingan antara kedua web server tersebut dilihat dari berbagai aspek:

1. Sistem Operasi Pendukung

Jika dilihat dari sistem operasi pendukung maka kedua web server ini akan sama baiknya jika digunakan pada sistem Unix. Semua sistem operasi yang mendukung Unix akan mampu menjalankan web server ini.

Perbedaan akan terlihat jika sistem operasi yang digunakan adalah Windows. Pada sistem operasi ini maka apache adalah web server yang bisa diandalkan. Performa NGINX pada Windows tidak sebaik pada Unix.

2. User Support

Baik mereka yang sudah berpengalaman ataupun pemula pasti akan selalu membutuhkan panduan. Dalam hal ini maka NGINX adalah web server yang lebih bisa diandalkan. Memang keduanya memiliki fitur mailing support dan juga forum stack overflow. Namun satu hal yang menjadi kelebihan NGINX adalah fitur bantuan pelanggan. Fitur ini tidak ada pada Apache.

3. Performa

Jika melihat dari sisi performa maka NGINX mampu mengakomodir 1000 koneksi statis pada waktu bersamaan. Bahkan dalam kondisi tersebut kecepatan NGINX dua kali lebih cepat dari Apache. Jika dilihat dari sini, NGINX akan lebih unggul jika digunakan untuk web statis.

Sementara untuk web dinamis maka kedua web server ini cenderung memiliki kecepatan yang sama.Itulah beberapa hal tentng Apache dan NGINX yang bisa Anda ketahui. Penggunaan web server ini akan sangat menyesuaikan dengan berbagai kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *