Instagram Bebaskan Pengguna Tampilkan atau Sembunyikan Likes

 Pengujian tampilan menghilangkan jumlah like di posting-an Instagram saat ini masih terus berlangsung. Terbaru, Instagram dikabarkan akan membebaskan pengguna untuk menampilkan atau menyembunyikan jumlah like mereka.

Juru bicara Facebook mengungkapkan bahwa uji coba terbaru ini dilakukan setelah menerima sambutan yang kurang baik ketika pertama kali menguji coba menyembunyikan jumlah likes. Pasalnya, saat itu pengguna tidak punya pilihan ingin menyembunyikan jumlah likes atau tidak.

Baca juga: Cara Mengatasi Filter Instagram Tidak Muncul atau Lemot

Latar belakang adanya ide menyembunyikan jumlah likes adalah untuk mengurangi rasa cemas dan malu jika konten yang diunggah di Instagram tidak mendapatkan banyak likes yang membuat pengguna terlihat kurang populer. Masalah seperti ini terutama banyak dihadapi oleh pengguna Instagram yang berusia muda.

Meski begitu, banyak influencer yang merasa jika hal ini akan mempengaruhi kesempatan mereka untuk bekerjasama dengan brand karena tingkat engagement mereka tidak bisa dilihat secara publik. 

Nah, oleh karena itu kini Instagram merevisi sistem likes tersebut dengan memberikan pilihan kepada pengguna. Uji coba terbaru ini bisa diakses oleh sebagian kecil pengguna di seluruh dunia.

Dengan sistem terbaru ini, pengguna bisa memilih tiga opsi untuk menampilkan atau menyembunyikan jumlah likes :

  • Memilih untuk tidak melihat jumlah like pada posting-an siapa pun;
  • Menonaktifkannya untuk posting-an mereka sendiri;
  • Atau mempertahankan tampilan asli.

Baca juga: Cara Membuat Filter Instagram Sendiri, Gampang Banget!

Sayangnya, Instagram tidak mengungkap kapan fitur ini akan digulirkan secara lebih luas. 

Sebagai informasi, fitur ini telah dikembangkan sejak tahun 2019. Bulan lalu, Instagram sempat mengalami insiden yang melibatkan fitur ini setelah beberapa pengguna di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, melaporkan tidak bisa melihat jumlah likes.

Ternyata menghilangnya jumlah likes tersebut disebabkan oleh bug yang membuat lebih banyak pengguna Instagram tergabung dalam uji coba tersebut.

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *