Ini Alasan Instagram Music Belum Tersedia di Indonesia

Foto: Tech Wiser


Teknologi.id – Instagram Music adalah salah satu fitur yang dirilis hanya di beberapa negara dan Indonesia tidak termasuk ke dalam daftar negara tersebut.

Sejak pertama kali diluncurkan pada 2019 hingga saat ini Instagram Music hanya tersedia untuk pengguna di AS, Inggris, Australia, Selandia Baru, Swedia, Prancis, Kanada, dan Jerman.

Instagram Music merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan potongan lagu dalam Instagram Stories-nya. Fitur Music ini bisa digunakan untuk Reels dan Stories dalam bentuk Sticker.

Karena belum tersedia di Indonesia, pengguna jadi tidak bisa menambahkan lagu ke dalam Instagram Strories dan tidak bisa menikmati konten Reels yang memanfaatkan Instagram Music sebagai latar belakang video karena suara lagu tidak akan muncul.

Baca juga: Cara Mengatasi Filter Instagram Tidak Muncul atau Lemot

Foto: Twitter/dimazdmagan

Untuk mendengarkan suara dari video yang di unggah Instagram Stories, pengguna cukup mengetuk konten yang sedang berputar tersebut. Namun, jika konten tersebut mengambil suara dari Instagram Music, maka akan muncul notifikasi ‘Instagram Music isn’t available in your region’.

Para pengguna di Indonesia hanya bisa menonton konten tanpa mendengarkan suara dari video tersebut.

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk bisa menikmati fitur Instagram Music di Indonesia yakni dengan menggunakan VPN.

Alasan Instagram Music Belum Ada di Indonesia

Nah, hal apa sih yang menyebabkan fitur Instagram Music hingga saat ini tidak kunjung dirilis untuk pengguna Indonesia? Alasannya adalah Instagram belum mendapatkan lisensi musik untuk Indonesia.

Jadi, jika Instagram tidak memiliki lisensi pemutaran lagu, perusahaan akan melanggar hak cipta. Fitur ini berhasil diluncurkan di beberapa negara berkat kerja sama Facebook dengan Sony Music, Universal Music dan Warner Music Group.

Baca juga: Bongkar Semua Aktivitas Pacar di Internet dengan Cara Ini!

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *