Robot Anjing Berteknologi AI dan 5G Ini Sudah Bisa Dimiliki

Perusahaan robotik asal Cina, Weilan, telah meluncurkan robot anjing jenis quadruped bernama AlphaDog yang dibekali berbagai teknologi canggih. Berbeda dengan perusahaan lain, Weilan justru menyasar pasar komersial sebagai target market-nya.

Robot ini ditanamkan berbagai macam sensor dan didukung oleh teknologi AI untuk dapat melakukan beberapa aktifitas. Selain itu, robot ini juga diintegrasikan dengan teknologi 5G sehingga dapat memberikan respon secara instan dan juga beroperasi dengan lancar.

Berbekal fitur-fitur hebat yang ditanamkan, AlphaDog ini dapat melakukan sejumlah kegiatan layaknya robot peliharaan, seperti pemandu bagi tunanetra, membawa atau mengantarkan barang, dan tentunya dapat berinteraksi dengan manusia. Bahkan, robot ini dapat menyesuaikan dan menyeimbangkan keadaannya apabila terjatuh ataupun ditendang.

“Ia dapat memprediksi gesekan dan ketinggian dari tanah untuk menyesuaikan ketinggian, menyesuaikan frekuensi langkah, dan beradaptasi terhadap lingkungan,” ungkap Ma Jie selaku Chief of Technology Officer dari Weilan.

Baca juga: Anjing Robot Ini Dapat Bangkit Sendiri Setelah Dijatuhkan

Kegiatan tersebut merupakan suatu respon dari perintah suara dan gambar yang ia tangkap melalui sensor terhadap lingkungan sekitar. Selanjutnya, perintah tersebut diproses oleh teknologi AI dan 5G super cepat sehingga AlphaDog dapat memberikan reaksi dari perintah tersebut.

Selain itu dari sisi kecepatan, robot ini tergolong cepat dengan kecepatan hampir 9 mil per jam atau setara dengan 14,48 kilometer per jam, sehingga menjadikannya tidak hanya sebagai robot termurah dikelasnya, namun juga tercepat.

Perusahaan lain yang juga mengembangan robot jenis quadruped berteknologi AI adalah Boston Dynamics dengan robotnya bernama Spot. Akan tetapi, robot tersebut tergolong mahal dengan harga $74,500 (Rp1,08 miliar) dan saat ini ditujukan untuk keperluan bisnis, tidak menyasar pasar komersial seperti Weilan dengan AlphaDog-nya.

AlphaDog sendiri sangat diminati, terbukti pada bulan pertama rilis di tahun 2020 penjualannya mencapai 1.800 unit walau dengan harga $2,400 atau setara Rp35 juta. Pembeli tersebut rata-rata dari kalangan computer developers, tech enthusiasts, dan anak-anak yang memang memiliki minat dan tertarik di bidang robotik.

Baca juga: Intip Sangarnya Robot Anjing Militer Buatan AS


(Gambar: Weilan)

Saat ini AlphaDog dapat dibeli melalui website resmi Weilan dan telah tersedia 4 versi robot berbeda yaitu AlphaDog C100 seharga $5,690, AlphaDog C200 $12,690, AlphaDog E300 $18,690, dan AlphaDog E400L $27,690. Keempat jenis ini memiliki fitur yang berbeda-beda pada bagian dukungan sistem, sistem navigasi, kapasitas muatan, kinerja, runtime, dan juga dari segi ukuran.

Dilansir dari situs resminya, Weilan juga menyediakan tawaran spesial untuk para teknisi yang berkeinginan untuk mengeksplorasi lebih jauh inovasi dari AlphaDog ini.

Untuk kedepannya, pengembang dari Weilan berharap dapat memaksimalkan kinerja dari robot ini sejalan dengan perkembangan dunia AI, 5G, dan berbagai inovasi teknologi lain. Sehingga, fungsi-fungsi seperti misalnya patroli, penjagaan dan pengamanan, inspeksi daerah berbahaya, dan misi penyelamatan dapat segera diwujudkan.

(ihf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *