Menjaga Produktivitas Bekerja di Waktu yang Tidak Menentu

Hi App – Menjaga produktivitas bekerja sempat menjadi pertanyaan besar ketika pandemi Covid-19 meluas di Indonesia. Pasalnya, pemerintah mewajibkan untuk menjaga jarak dan melakukan segala aktivitas dari rumah, termasuk aktivitas bekerja. Ini menjadi kebiasaan baru dan tidak semua orang bisa langsung beradaptasi untuk menjaga produktivitas mereka.

Nah, melalui artikel ini, kami ingin membagikan tips singkat dan mudah dipahami tentang cara menjaga produktivitas saat bekerja di waktu tak menentu seperti sekarang. Kami berharap, tips singkat ini pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas bekerja kalian juga di kemudian hari.

Menerima ketidakpastian dan mulai membuat rencana

Langkah pertama untuk menjaga atau meningkatkan produktivitas kerja di waktu yang tidak pasti adalah menerima ketidakpastian itu sendiri. Apalagi jika Anda memimpin sebuah tim, menolak perubahan keadaan dan ketidakpastian yang terjadi bisa berdampak buruk untuk Anda dan anggota tim.

Iya, keadaan sudah berubah dan Anda harus terima itu. Akan tetapi, bukan berarti Anda pasrah dengan keadaan yang tidak pasti begitu saja dan tidak melakukan sesuatu. Kelola emosi Anda agar bisa mengenali stress dan kecemasan yang mungkin timbul, baik itu pada diri sendiri atau anggota tim. Lalu, coba lah untuk menjadi lebih welas asih dan lebih terbuka kepada tim.

Setelah Anda bisa menjaga diri Anda, mulai cari solusi dan susun rencana untuk menghadapi perubahan yang terjadi. Jika Anda bekerja dari rumah, Anda bisa mulai dari menciptakan ruangan khusus untuk bekerja dan mengkomunikasikannya dengan penghuni rumah lain agar mereka tahu Anda sedang bekerja. Lalu, coba buat daftar tugas yang harus dikerjakan dan ikuti jadwalnya dengan disiplin.

Setelah itu, Anda mulai bisa merancang alur kerja baru yang bisa diikuti oleh tim. Anda bisa lebih sering menggunakan email atau layanan-layanan yang memungkinkan tim untuk dapat bekerja bersama-sama.

Bereksperimen dengan alur kerja baru dan mengelola ekspektasi

Memindahkan ruang kerja ke rumah atau di lokasi selain kantor itu bukan hal mudah bagi setiap karyawan. Pasti ada saja hambatan yang dialami seperti keterbatasan perangkat, koneksi, sampai suasana kerja yang kurang kondusif. Jadi, cobalah kelola ekspektasi Anda dan bersikap realistis.

Rancangan alur kerja baru yang sudah Anda buat sebelumnya pasti masih akan berubah-ubah. Anda perlu tahu apa yang anggota tim lain mau agar bisa mendapatkan alur kerja baru yang efektif. Begitu juga dengan layanan kolaborasi yang digunakan untuk bekerja.

Akan tim akan membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk memahami dan terbiasa dengan alat baru yang mereka coba. Misalnya, ada yang terbiasa menggunakan layanan to do list seperti Trello, ada yang lebih nyaman menggunakan buku catatan, dan ada yang lebih terbiasa menggunakan Asana.

Jadi, bersikaplah realistis dalam menetapkan ekspektasi produktivitas yang diharapkan. Karena pada akhirnya setiap anggota tim akan bertanggung jawab atas kinerja mereka sendiri dan akan berpengaruh pada hasil akhir tim.

Untuk membangkitkan rasa tanggung jawab, tim Anda perlu merasa terhubung dengan tetap berhubungan satu sama lain secara teratur. Begitu juga sebaliknya.

Menjaga komunikasi dengan tim

Langkah paling krusial yang perlu dilakukan untuk menjaga produktivitas kerja tetap tinggi di waktu tidak menentu adalah menjaga komunikasi. Dengan komunikasi yang terjaga, Anda sebagai pemimpin tim bisa mengetahui apa yang sedang dikerjakan oleh tim Anda dan juga sebaliknya. Pada akhirnya, komunikasi yang terjaga dengan baik akan meningkatkan produktivitas bekerja dan memberikan hasil akhir tim yang terbaik.

Di era digital ini, tentunya ada banyak cara untuk menghubungi menghubungi anggota tim Anda atau pemimpin tim Anda. Selain melalui email, Anda bisa melakukan pertemuan virtual secara rutin untuk tetap mengetahui informasi terbaru dari tugas yang dikerjakan. Namun, cara paling sederhana adalah dengan mengirimkan pesan teks pribadi ke nomor telepon anggota tim atau pimpinan tim Anda melalui sebuah aplikasi.

Hi App adalah aplikasi chat multifungsi buatan Indonesia yang dapat memfasilitasi Anda dalam menjaga komunikasi antar tim untuk menjaga produktivitas bekerja di waktu tidak menentu seperti sekarang ini. Dengan fitur-fitur yang saat ini tersedia di Hi App, Anda bisa mengirimkan pesan teks, gambar, dan video dengan mudah dan cepat.

Selain itu, Hi App juga dapat memfasilitasi komunikasi antar tim dan individu tanpa hambatan karena ruang obrolan individu dan grup di Hi App itu terpisah. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi mengalami kecelakaan kecil seperti mengirim pesan pribadi ke grup.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan kendala bahasa bila harus berkomunikasi dengan orang asing melalui Hi App. Hal ini karena di Hi App terdapat fitur Translation yang dapat membantu Anda dalam menerjemahkan pesan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan sebaliknya. Ke depannya, akan ada lebih banyak bahasa yang bisa diterjemahkan di Hi App.

Maka dari itu, Hi App dapat menjadi alternatif dalam menjaga komunikasi untuk meningkatkan produktivitas bekerja Anda.  Ajak teman-teman, kerabat, dan kolega Anda untuk pakai Hi App sekarang. Hi App bisa diunduh gratis melalui Play Store dan Apps Store!

Penulis: Adjie Priambada

Sumber Gambar: Photo by XPS on Unsplash

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *