Dapur Minyak Kondensat Ilegal di Padang Tualang-Langkat Meledak

BeritaNasional.ID, Langkat – Kebakaran dapur pengolahan kondensat ilegal terjadi lagi di Kabupaten Langkat, dan kali ini, dapur pengolahan minyak mentah (kondensat) terjadi di Wilayah Hukum Polsek Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Sumut. Kebakaran terjadi persis di Dusun VI Bukit Payung, Desa Kwala Besilam, Kecamatan, Padang Tualang, Langkat, pada Rabu (21/4/2021) sekira pukul 11.30 Wib.

Informasi dirangkum beritanasional.id, dapur pengolahan minyak mentah, yang mengolah menjadi bensin, solar dan minyak lampu ini, merupakan milik Supriono (40) warga Dusun VI Bukit Payung, Desa Kwala Besilam, Padang Tualang, Langkat.

Kebakaran itu terjadi diakibatkan kelalaian dari pekerja, dimana pada saat itu terdapat satu unit mobil truck coltdisel sedang bongkar muatan minyak mentah dengan menggunakan mesin penghisap minyak untuk dipindahkan kedalam beberapa drum milik Supriono.

Disaat hampir selesai pemindahan minyak, suara mesin terdengar tersendat-sendat oleh pekerja. Karena minyak hampir habis, selanjutnya diisi dengan minyak bensin tanpa mematikan mesin.

Sepontan api membakar mesin, lalu api menyambar/membakar seluruh minyak yang sudah diolah, seperti minyak bensin sekitar 9 ton, minyak lampu sebanyak 3 ton dan beberapa drum minyak solar.

Api juga membakar tanaman kelapa sawit dan tanaman lain milik mertua Supriono. Sementara mobil pengisi minyak langsung kabur.

Kapolsek Padang Tualang AKP Tarmizi Lubis, S.H, melalui Kanit Reskrim IPTU Martin Ginting membenarkan atas peristiwa terbakarnya dapur pengolahan minyak mentah.

“Kebakaran terjadi sekitar pukul 11.30 Wib, api berhasil padam sendiri sekitar pukul 14.30 Wib. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian material mencapai Rp.150 jutaan,” sebut Kanit Reskrim Padang Tualang, IPTU Martin Ginting.

Pihaknya mengatakan, pemilik sudah kita panggil, tapi belum bersedia datang. Kasus ini masih dalam penyelidikan kita. Adapun barang bukti yang kita amankan berupa 1 unit mesin penghisap minyak yang rusak terbakar, dan selang minyak bekas terbakar, sebut IPTU Martin Ginting.

Sebelumnya diketahui, kebakaran minyak mentah pada pengolahan dapur minyak, juga terjadi di Lingkungan l Kampung Lalang, Kelurahan Pekan Besitang, Kabupaten Langkat, pada Sabtu malam tangal 6 Februari 2021, sekira pukul 21.15 Wib. (Reza)

 Save as PDF

The post Dapur Minyak Kondensat Ilegal di Padang Tualang-Langkat Meledak appeared first on Berita Nasional Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *