Warga Minta Lantai Atas Pasar Tawangmangu Dijadikan Pasar UKM

Lantai 3 Pasar Wisata Tawangmangu yang di usulkan sebagai pasar atau Sentra UKM oleh warga. Foto : Heri

KABUPATEN KARANGANYAR, HARNASNEWS.COM – Kecamatan Tawangmangu selain di kenal dengan tempat pariwisatanya yang sejuk, juga di kenal dengan keragaman Kuliner dan Souvenirnya yang unik – unik dan harganya yang murah.

Bayangkan, sate Kelinci 1 Porsi cm 15 ribu, Sate Kambing 1 Porsi plus nasi 20 ribu, Soto dari mulai Harga 5 ribu – 10 rb. Belum lagi makanan lain yang banyak di jajakan di sekitar Terminal dan Pasar Tawangmangu.

Selain yang tersajikan di pinggir jalan utama, masih banyak lagi keragaman produk Kuliner dan UKM yang ada di tengah – tengah masyarakat.

Melihat banyaknya potensi tersebut, beberapa tokoh masyarakat Tawangmangu mencoba untuk mengusulkan agar lantai atas Pasar Tawangmangu, yang selama ini belum dimanfaatkan secara optimal bisa di jadikan ruang PKL dan UKM.

Heri Hermawan, salah satu penggagas mengatakan, lantai atas pasar sangat potensial untuk di manfaatkan sebagai ruang usaha UKM dan PKL. ” Kami sedang mencoba untuk mengusulkan kepada pejabat terkait, agar lantai atas pasar Tawangmangu bisa di manfaatkan untuk Foodcourt Dan UKM. Selain tempatnya luas, pemandangannya juga bagus” ujar Heri kepada Harnasnews.com, Jumat, 23/05

” Dari beberapa tokoh yang saya hubungi rata – rata setuju dan mendukung. Maka kami mengajak beberapa tokoh pemuda untuk bersama – sama mengupayakan agar wacana itu bisa terwujud” paparnya.

Sementara itu Aji Sudarsono, pelaku UKM yang dikenal dengan produk Kopi Lawu nya, setuju dan mendukung gagasan itu. Dia berharap jika itu bisa terjadi, maka bisa turut membantu merapikan Jalan Lawu.

” Itu bagus jika bisa terwujud, tinggal akses jalan dan bangunannya saja yang harus di pikirkan agar mudah terjangkau, tempatnya nyaman dan Aman. Syukur-syukur pula bisa menjadi ruang bagi para PKL yang selama ini berdiri di sepanjang. Tawangmangu harus mulai berbenah agar agar semakin rapi, indah dan nyaman bagi warga dan wisatawannya” ungkap Aji.

Terkait gagasan tersebut, anggota  DPRD Komisi A Kabupaten KARANGANYAR yang berasal dari Tawangmangu, Karwadi, saat di hubungi Harnasnews.com, mengatakan sangat setuju jika Lantai atas Pasar Tawangmangu dijadikan Foodcourt atau pasar UKM.

“Tentu saya sangat setuju gagasan itu. Memang dulu pernah dimanfaatkan, tapi tidak berjalan lama karena sepi pengunjung. Tinggal di tata ulang lagi dengan lebih baik, termasuk akses naiknya. Karena naiknya kan lewat belakang, kadang jalannya dipakai pedagang sayur menaruh dagangannya, jadi mengganggu akses keluar masuk” terang Karwadi.

Karwadi juga sepakat jika ruang tersebut bisa menampung para pedagang yang selama ini berjualan di sepanjang Trotoar. ” Lebih bagus lagi kan jika Footcourt tersebut bisa menampung para pedagang yang berjualan di Trotoar. Sehingga trotoarnya kembali ke fungsi sebagai ruang bagi para pejalan kaki” tandasnya.

Dalam konsepnya, menurut Karwadi ada dua opsi. ” Satu bisa dikelola pihak ke tiga, jadi pengelola menyewa ke pihak pasar, atau dikelola oleh pihak pasar sendiri. Yang pasti bagaimana ruang tersebut bermanfaat. Dan jangan lupa karena itu posisinya di atas, maka bangunannya harus yang kuat. Jadi tahan dari angin dan hujan deras serta nyaman bagi pedagang maupun pengunjungnya” pungkasnya. (Yosi/Sunyoto)

The post Warga Minta Lantai Atas Pasar Tawangmangu Dijadikan Pasar UKM appeared first on Harnasnews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *