Tiga Alasan untuk Menggunakan Mode Gelap Ketika Chatting

Manfaat menggunakan mode gelap ketika chatting

Menggunakan mode gelap bisa membuat kamu melakukan banyak aktivitas di ponsel untuk jangka waktu yang lebih lama. Mode gelap sendiri mulai mendapatkan popularitasnya sejak media sosial Twitter meluncurkan fitur Night Mode pada tahun 2016. Sejak saat itu, berbagai platform pun mulai mengembangkan dan mengadopsi mode ini di dalam layanan mereka. Salah satu aplikasi yang ikut menawarkan fitur ini adalah aplikasi chatting.

Nah, melalui artikel ini, kami akan sudah merangkum tiga alasan mengapa kamu harus menggunakan mode gelap ketika chatting dengan teman-teman atau kerabat. Berikut ini adalah rangkumannya. 

Mengurangi Kelelahan Mata

Sepertinya, hampir semua orang pernah melakukan chatting di bawah pencahayaan yang redup. Akan tetapi, apakah kamu tahu kalau aktivitas ini bisa membahayakan mata kamu?

Cahaya biru yang dari ponsel yang kamu lihat sepanjang hari bisa membuat mata kamu kering dan sakit. Selain itu, paparan cahaya biru berlebihan juga bisa menekan sekresi melatonin, hormon yang dibutuhkan untuk tidur.

Nah, menerapkan mode gelap ternyata mampu membantu mengurangi kelelahan mata akibat paparan cahaya biru dari ponsel yang kamu lihat sepanjang hari. Cahaya yang tidak terlalu banyak karena mode gelap yang aktif ini membuat mata tidak harus bekerja lebih keras untuk mengedipkan kelopak, agar kondisi mata selalu basah.

Menghemat Baterai Ponsel

Mengaktifkan mode gelap pada ponsel juga dapat menghemat konsumsi baterai kamu. Namun, hal ini hanya berlaku untuk ponsel dengan layar berpanel OLED atau AMOLED.

Baca Juga: Mode Gelap atau Mode Terang di Ponsel, Lebih Baik Mana?

Secara teknis, panel OLED dan AMOLED akan menonaktifkan piksel ketika mode gelap diaktifkan. Hal ini akan membuat beban kerja piksel di panel OLED dan AMOLED jadi lebih ringan sehingga konsumsi baterai bisa lebih hemat.

Memberikan Pengalaman yang Berbeda

Mode gelap juga dapat memberikan pengalaman yang berbeda ketika menggunakan aplikasi chatting. Apalagi kalau kamu termasuk orang yang senang mengubah warna huruf di ponsel, mengirimkan emoji, dan gambar-gambar penuh warna.

Hal ini karena pada dasarnya mode gelap itu dirancang untuk berfungsi dengan baik saat kita perlu memindai layar dengan cepat untuk mencari elemen visual atau berwarna. Jadi, mode gelap ini akan sangat cocok digunakan oleh orang yang senang mengubah tampilan aplikasi atau huruf di ponselnya menjadi lebih berwarna.

Akhir Kata

Pada kenyataannya, penggunaan mode gelap memang memiliki manfaatnya sendiri. Beberapa aplikasi chatting juga sudah mendukung mode gelap untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi penggunanya ketika mengobrol dengan teman atau kerabat dalam waktu yang lama. Salah satu aplikasi yang mendukung mode gelap ini adalah Hi App.

Hi App adalah aplikasi komunikasi sosial multifungsi buatan Indonesia yang dirancang untuk memfasilitasi gaya hidup digital kamu yang dinamis. Lewat Hi App, kamu bisa chatting dengan mudah dan cepat, berbagi pesan gambar dan video, sampai menerjemahkan pesan. Kamu bisa pakai Hi App di ponsel pintarmu dengan mengunduhnya dari Play Store atau App Store.

Penulis: Adjie Priambada

Sumber Gambar: Pixabay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *