Kemenkes Identifikasi Mutasi Virus Corona yang Dibawa Pendatang India

HEALTH-CORONAVIRUS/INDIA

Kementerian Kesehatan menyatakan tengah mengidentifikasi mutasi SARS-CoV-2 yang berpotensi dibawa pendatang dari India. Sebanyak 129 penumpang dari Chennai India masuk Indonesia pada Rabu (21/4), 12 orang di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kami sedang melakukan whole genome sequencing (pengurutan keseluruhan genom) dari sejumlah warga negara India yang terkonfirmasi positif Covid-19. Hasilnya kemungkinan baru keluar Jumat, ” ujar Juru Bicara COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi pada Selasa (27/4), dikutip dari Antara.

Ia menjelaskan, pengurutan keseluruhan genom diteliti oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) bekerja sama dengan 17 laboratorium di Indonesia. Saat ini, menurut dia, sejumlah pihak terkait di Indonesia tengah bersiap mengantisipasi masuknya varian baru COVID-19 dari sejumlah negara, di antaranya B117 dari Inggris, B1351 dari Afrika Selatan, P1 dari Brazil serta varian mutasi ganda B1617 di India yang diperkirakan lebih berbahaya dan cepat menular.

Menurut Siti Nadia, kondisi yang terjadi di India memunculkan kekhawatiran akan terjadinya lonjakan kasus yang sangat tinggi …

Selengkapnya : Kemenkes Identifikasi Mutasi Virus Corona yang Dibawa Pendatang India

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *