Apple Resmi Rilis iOS 14.5, Ini Fitur Barunya

 Apple baru saja merilis pembaruan sistem operasi untuk pengguna iPhone. Sistem operasi ini sebelumnya sudah diuji coba melalui versi beta sejak Februari lalu.

Dalam pembaruan iOS 14.5, Apple menyematkan sejumlah fitur anyar, seperti kemampuan membuka iPhone dengan Apple Watch, pilihan suara Siri yang lebih banyak, emoji baru, dan masih banyak lagi. 

Adapun daftar perangkat yang kebagian iOS 14.5 terdiri dari iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone SE (1st generation), iPhone SE (2nd generation), dan iPod touch (7th generation).

Daftar fitur baru iOS 14.5

1. Buka iPhone dengan Apple Watch

Foto: TechSpot

Apple coba mencari cara agar pengguna iPhone mudah membuka ponselnya meski mengenakan masker. Kemudian hadirlah fitur Unlock with Apple Watch ini.

Fitur ini memungkinkan pengguna membuka iPhone dengan Apple Watch. Jadi tidak perlu membuka masker ataupun memasukkan passcode.

Untuk menggunakannya : buka Setting > Face ID & Passcode, lalu tinggal geser tombol ke kanan pada opsi Unlock with Apple Watch.

2. Panggilan Darurat Siri

Foto: Mashable India

iOS 14.5 memiliki fitur yang memungkinkan Siri memanggil layanan darurat dengan perintah “Hey Siri, call emergency”. Ini tampaknya juga berfungsi di versi iOS sebelumnya, jadi ini mungkin perubahan sisi server.

3. Emoji

Foto: Mashable

Apple akan meluncurkan 217 emoji baru sebagai bagian dari update iOS 14.5. Update ini menghadirkan beberapa emoji baru dan mengubah emoji yang sudah ada agar lebih bervariasi.

Untuk emoji yang baru, Apple menambahkan tiga variasi smiley baru yaitu wajah yang menghela napas, wajah dengan mata spiral, dan wajah yang tertutup awan.

Ada juga dua emoji hati baru yang memperlihatkan hati yang membara dan hati yang dibalut perban.Beberapa emoji yang sudah ada juga dipermak oleh Apple, salah satunya emoji jarum suntik. Sebelumnya emoji jarum suntik ini diisi dengan cairan warna merah atau darah karena melambangkan donor darah dan vaksinasi.

Perubahan di iOS 14.5 ini ditujukan untuk membuat jarum suntik tidak terlihat menakutkan, terutama ketika sedang berbicara tentang vaksin COVID-19. Emoji baru ini juga lebih cocok untuk mendeskripsikan vaksin yang diharapkan akan menjangkau lebih banyak orang dalam waktu dekat.

4. Transparansi Pelacakan Aplikasi

Foto: 9to5Mac

Saat iOS 14.5 dirilis, pengembang perlu meminta dan menerima izin pengguna untuk mengakses pengenal iklan acak mereka, yang digunakan untuk melacak aktivitas di seluruh aplikasi dan situs web.

5. Aplikasi Podcast

Foto: Cult of Mac

Ada beberapa perubahan desain kecil yang dilakukan pada aplikasi Podcasts. Kini lebih menonjol dengan deskripsi episode dan akses yang lebih mudah untuk tombol “Resume”. Tab Pencarian juga memungkinkan pengguna menjelajahi berbagai kategori untuk menemukan apa yang dicari.

Baca juga: Cara Menghubungkan iPhone ke TV dengan Mudah

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *