Ini Cara Kerja VPN Terkait Penyensoran yang Harus Kamu Tahu

 Pernahkah kalian tidak bisa membuka suatu website atau aplikasi yang menggunakan akses internet dan mendapatkan kalimat peringatan tertentu? Itulah yang dinamakan penyensoran internet.

Penyensoran internet adalah pembatasan terhadap apa-apa saja yang dapat diakses dan dilihat di internet. Hal ini sering kali dilakukan oleh pemerintah sesuai dengan peraturan yang berlaku di masing-masing negara.

Di Indonesia sendiri, penyensoran internet banyak diterapkan terhadap situs-situs dengan muatan konten negatif, misalnya situs pornografi, situs perjudian, situs video atau film bajakan, situs penyebaran hoax, dan sejenisnya.

Selain itu, aplikasi-aplikasi populer seperti TikTok dan Netflix pun juga pernah dibatasi oleh pemerintah Indonesia terkait konten negatif yang ada di dalam aplikasinya.

Nah, biasanya para pengguna yang ingin tetap mengakses situs atau aplikasi tersebut tak habis akal dan memilih menggunakan VPN untuk menerobos penyensoran yang dilakukan pemerintah. Memangnya, apa itu VPN?

Apa itu VPN?

VPN (Virtual Private Network) adalah layanan koneksi yang memberikan akses ke website secara aman (secure) dan menambah privasi jaringan pribadi maupun publik.

Tujuannya yaitu untuk mendapatkan koneksi ke internet secara aman, pribadi (private), dan dapat mengakses suatu jaringan yang tidak bisa diakses dari negara pengguna.

Dengan VPN, pengguna bisa melampaui restriksi geografis dengan mengubah akses server pengguna menjadi berada di negara yang berbeda, sehingga memungkinkan pengguna mengakses situs atau aplikasi yang tidak bisa diakses oleh negara domisili pengguna.

Cara kerja VPN

Cara kerja VPN sendiri sederhananya diibaratkan layaknya sebuah terowongan jalan pintas yang mampu memberikan suatu jalur “rahasia” untuk sampai ke tujuan, yaitu internet.

Pada umumnya ketika kita mengakses sebuah website di internet, maka kita akan terhubung dengan ISP (Internet Service Provider). Semua trafik data permintaan untuk website yang kita akses akan melewati server ISP dan bisa dilihat oleh pihak ISP.

Berbeda halnya ketika kita menggunakan VPN untuk mengakses internet. VPN akan mengenkripsi data sehingga hanya pengguna server VPN yang bisa mengetahui trafik data pengguna dan situs yang dibuka oleh pengguna.

Server VPN bertugas untuk meneruskan koneksi ke situs yang ingin diakses. Jadi koneksi yang dilakukan akan dikenali sebagai koneksi dari jaringan server VPN bukan jaringan yang digunakan pada saat itu.

Sebelum ISP (Internet Service Provider) atau jaringan WiFi kita mendeteksinya, data akan langsung diteruskan ke VPN, dan dari VPN server kemudian diteruskan ke tujuan website yang ingin kita akses.

Jadi dengan kata lain, ketika menggunakan jaringan tanpa VPN, maka koneksi yang dilakukan terjadi secara langsung (direct) tanpa enkripsi. Sedangkan jika menggunakan VPN, maka koneksi yang dilakukan akan terenkripsi dan dilewatkan terlebih dahulu melalui VPN server.

Mengapa menggunakan VPN di Indonesia?

Dengan menggunakan VPN di Indonesia, kita dapat membuka penyensoran konten lokal dari HOOQ.tv, Filmdoo, Viu, dan lainnya! Selain itu, kita juga dapat menikmati konten internasional dari Netflix, HBO +, dan lainnya.

Bahkan kita juga bisa mengakses berbagai situs atau pun media sosial yang diblokir oleh pemerintah, meski terkadang beberapa situs dianggap menyalahi aturan.

Penggunaan VPN juga bisa bermanfaat untuk menghindari hackers, karena mereka tidak bisa melacak alamat IP asli untuk mengetahui informasi pribadi kita.

Kapan sebaiknya menggunakan VPN?

1.   Saat mengakses internet menggunakan WiFi publik

Ketika kita menggunakan jaringan WiFi publik, VPN bisa jadi penyelamat karena VPN akan menambah lapisan keamanan ekstra untuk data-data kita.

VPN juga akan memastikan akan mengenkripsi semua komunikasi sehingga privasi milik kita lebih aman dari ancaman kebocoran oleh pihak penyedia WiFi atau lainnya.

2.   Jika kita seorang pegawai jarak jauh (remote worker)

Banyak pegawai yang memerlukan penggunaan VPN untuk mengakses layanan perusahaan dari jarak jauh dan untuk alasan keamanan.

Terutama jika kita bekerja untuk negara yang berbeda, maka VPN yang terhubung ke server perusahaan bisa memberikaan kit akses ke jaringan dan sumber daya perusahaan internal saat kita tidak berada di kantor sekalipun.

3.   Saat ingin menggunakan internet lebih aman

VPN dapat menyembunyikan aktivitas internet kita terhadap orang-orang yang ingin mencoba mengetahui informasi kita secara diam-diam. VPN dapat menyembunyikan lokasi, dan memastikan kita lebih anonim ketika berselancar di situs web.

Bagaimana cara memilih VPN terbaik?

Ketika memutuskan untuk menggunakan VPN, ada beberapa poin yang perlu kita pertimbangkan, yaitu:

  • Kecepatan tinggi
  • Enkripsi yang kuat dan protokol keamanan berkualitas tinggi
  • Kebijakan privasi yang dapat dipercaya
  • Kemampuan untuk mengakses konten global
  • Kompatibilitas banyak perangkat dan lintas platform
  • Pengalaman pengguna yang luar biasa
  • Dukungan pelanggan yang andal
  • Harga yang kompetitif

Keseluruhan poin-poin tersebut sebaiknya dimiliki oleh layanan VPN yang akan kita pilih. Sehingga selain data kita aman, kita juga mendapatkan pelayanan yang optimal.

Selain poin-poin di atas, ada berbagai pertimbangan lain yang patut dipertimbangkan, misalnya memiliki ribuan server di seluruh dunia sehingga kita bisa memilih banyak negara sebagai server yang digunakan.

Pastikan juga layanan VPN yang kita gunakan memiliki fitur yang dapat memblokir iklan & pelacak serta dapat mencegah upaya malware.

Semua pop-up dan iklan dapat memakan banyak data seluler kita, sehingga dengan adanya fitur tersebut, kita dapat menghemat kuota internet yang digunakan.

Kesimpulan

VPN dapat membantu kita untuk mengamankan koneksi internet yang kita lakukan, begitu pula dengan identitas dan data pribadi.

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki seperti menambah kecepatan internet, menambah keamanan privasi, mengakses konten secara global, dan lainnya menjadikan VPN layak untuk digunakan.

Jika tertarik menggunakan layanan VPN yang berkualitas, kalian bisa langsung mendapatkannya di link ini.

Ingat, selalu gunakan VPN dan internet dengan bijak ya!

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *